Gerakan Mengganti Popok Disposable dengan Popok Kain bersama "The Great Cloth Diapers Change Indonesia"

| On
Mei 07, 2017



Assalamu'alaikum, Mom.


Apa kabar? Semoga sehat dan happy selalu, ya.


Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya mengikuti sebuah acara bertemakan "popok kain" yang diadakan oleh Great Diapers Change Indonesia pada bulan April lalu tepatnya tanggal 22, tepat bersamaan dengan peringatan hari bumi, di Godong Ijo Nursery Farm Cinangka, Bojongsari, Depok.


Great Cloth Diapers Change merupakan komunitas para ibu
yang anaknya dipakaikan popok kain atau cloth diaper. Pendirinya itu beberapa perempuan yang notabene owner clodi store gitu. Salah satunya ibu Nuri (owner clodistore.com) -yang orang Depok juga ternyata-. Beliau adalah ketua penyelenggara event "The Great Cloth Diapers Change" nya Indonesia.


Ibu Nuri menjelaskan saat sambutan kemarin, acara GCDC diselenggarakan tepat bersamaan dengan peringatan hari bumi, sebagai bentuk kepedulian kepada bumi karena tidak sedikit sumbangsih dari para ibu yang berupa popok sekali pakai yang tidak bisa diolah oleh lingkungan, karena bahannya berasal dari bahan anorganik. GCDC ini juga merupakan event internasional yang serentak dilakukan di beberapa negara di 5 benua, salah satunya ya Indonesia. Event kemarin dilakukan baru pertama kali di Indonesia, loh, dan dilaporkan ke kantor pusat yang berada di California, Amerika Serikat.

Ibu Nuri -ketua penyelenggara- sedang memberikan sambutan dan penjelasan tentang event GCDC

Yeah, mayan juga emak-emak bisa ikut event internasional khaaan *kibas daster*


Betewe, akhirnya saya tahu "godong ijo" itu tempat apa. Hahaha. Seliweran di Jalan Raya Cinangka itu, tiap lewat penisirin godong ijo itu apa, ternyata sejenis tempat wisata edukasi, terdapat kolam air, lapangan, aula pertemuan. Lumayan, kemarin masuk ke sana gratis. Berkah dari ikut GCDC ya. Cihuy

Godong Ijo, Cinangka (Sebelum Jl. Reni Jaya)


Sampai di lokasi, setiap peserta diharuskan menunjukkan nomor registrasi yang sudah diberikan sebagai bukti bahwa pendaftarannya di acc oleh tim panitia. Peserta juga diminta menulis kesan mengikuti event GCDC di sebuah papan banner besar dan isi tulisannya beragam banget yang intinya semua berharap bisa membantu menanggulangi permasalahan lingkungan.


Peserta yang ikut dalam event ini juga mendapatkan goodie bag gratis yang isinya 1 clodi, 1 training pants, dan 1 box detergen khusus untuk mencuci pakaian bayi dan anak-anak.


Alhamdulillah, tau aja ya kesenengan emak-emak. Hihihiy

Goodie bag untuk seluruh peserta yang hadir


Isi dari goodie bag :)


Kegiatan berlangsung seru, di lokasi selain tersedia booth-booth sponsor yang menjual popok kain dan produk ibu dan anak lainnya, ada juga booth untuk cukur bayi. Syarat usianya harus dibawah 1 tahun. Fasilitas ini disediakan oleh Latifa Mom and Baby Home Spa milik mba Fellichia Pamela. Jadi buat kamu yang berminat, mungkin bisa datang langsung ke lokasi kediaman mba Fellichia di Sawangan Permai. 


Saya gak berminat daftar, karena Aura baru mulai tumbuh rambutnya sehabis dibotakin sekitar 4 bulan lalu. Itu aja udah lamaaa banget nunggunya, jadi sayang-sayang kan kalau dibotakin lagi. Hahaha *emaknya yang repot*

Suasana di sudut tempat cukur bayi 



Booth sponsor yang menjual berbagai macam merk clodi dan kebutuhan ibu & anak lainnya




Pada event GCDC ini, selain banyak booth sponsor di luar aula, tim penyelenggara juga menghadirkan AIMI Depok. Tim AIMI Depok memberikan penjelasan tentang manfaat dan keutamaan ASI kepada peserta. Alhamdulillah, jadi nambah wawasan tentang dunia per-ASI-an buat para ibu yang hadir, termasuk para bapak yang ikut menemani. Alhamdulillah nya, saya berhasil mendapat clodi gratis karena berhasil menjawab pertanyaan dari AIMI. Yeey. Lumayan nambah stok clodi.



Trus, ada pertanyaan. Aura full pake clodi ya?


Gak juga, tetep pake pospak, paling makenya cuma 1 buah aja, kan lumayan mengurangi tumpukan sampah pospak yang nyelip di pojokan. Hahaha.


Pesertanya datang dari mana aja? 


Peserta yang datang kebanyakan dari area Jabodetabek, termasuk komunitas The Urban Mama Jabodetabek. Karena ini acara khusus ibu dan anak, jadi gak ada bapak-bapak, cuma ada beberapa aja sih, itu juga gak boleh ikut ke dalam aula jadi harus di luar. Jadilah si bapak pada jadi kang poto dadakan. Hahaha. Saya mah dateng sendirian, bapaknya Aura gak ikutan -karena ada acara lain juga-, emang emak seterong ye! *ditimpuk clodi*


Sesuai namanya yaitu gerakan bersama mengganti popok sekali pakai dengan popok kain, acara intinya pun di mulai setelah acara seminar dari AIMI selesai.


APA ACARA INTINYA?


Acara intinya ya sesuai namanya, para ibu mengganti popok anak yang dipakai dengan popok kain. Acara inti ini dilaksanakan serentak bersama negara lain dengan waktu lokal masing-masing negara. Seru? Seru banget. Hihihiy. Sebelum makein popok ke anak, clodi nya harus di angkat tinggi-tinggi, jadi weeh riuh banget suasana di dalam aula kemarin tuh. Yaa namanya juga ibu-ibu, apa-apa rame. Hahaha

Sesi mengganti popok kain bersam-sama peserta lain


Keuntungan pake clodi alias popok kain -VERSI SAYA- adalah:


1. Menghindari iritasi kulit
Kulit bayi dan anak-anak kan sensitif, gampang banget iritasi kalau lembap apalagi di bagian pantat. Pake clodi, karena lapisan yang lembut jadi gak bikin gampang iritasi. Selain itu, pakai clodi itu menuntut kamu harus rajin ganti.

2. Menghemat anggaran belanja rumah tangga
Pastinya. Misalnya dalam sehari anak gak pake pospak, kita butuh 3-4 pcs buat ganti, belum lagi kalau poop otomatis langsung buang dong. Kalau pakai clodi, kamu bisa menghemat berbiji-bij, dari 4 pcs pospak bisa jadi cuma pake 1 pcs dalam 1 hari, misalnya pas anaknya mau bobo malam aja. Catatan, stok clodi harus lebih dari 1.

3. Meminimalisir sumbangan sampah anorganik ke lingkungan
Ini jadi catatan penting dan perlu di BOLD. Hahaha. Maksudnya, inilah memang pesan pemakaian clodi. Gerakan go green atau cinta lingkungan. Karena pospak dibuat menggunakan bahan anorganik yaitu bahan yang penguraian diingkungan butuh waktu yang laaamaaa supaya bisa hancur. Jadi bisa dibayangkan kalau sebulan kita menyumbang sampah pospak, ya numpuk tuh dibelakang. Iya khan?

4. Corak clodi yang lucu dan beragam
Corak yang beragam dan lucu bikin anak semakim tertarik, ada gambar hewan, bunga, abstrak, dan banyak lagi.


Kekurangan dari pemakaian clodi:

1. Butuh sinar matahari terik
Karena clodi terbuat dari kain, terutama bagian insert kainnya cukup tebal jadi butuh sinar matahari supaya clodi kering sempurna. Kalau saya dikeringin dulu di mesin pengering jadi lumayan setengah hari juga udah bisa kering. Tapi malangnya, kalau musim hujan, bakal lama keringnya. Sabar deh ya.

2. Harga
Beli clodi walaupun cuma sebijik emang berasa. Harganya berkisar dari 60 ribuan sampai ratusan ribu. Saran saya kalau mau beli clodi dicicil aja jadi terasa ringan.


Itu dia pengalaman saya dan Aura mengikuti event yang diadakan oleh Great Diaper Change Indonesia. Tahun depan Insya Allah ada lagi loh. Tungguin infonya ya :)


Salam clodi.







Be First to Post Comment !
Posting Komentar