Minggu, 07 Mei 2017

Pengalaman Periksa Darah di Lab Prodia VS Lab Cito




Assalamu'alaikum...



Hola teman-teman, gimana liburan panjangnya? Asyik ya bisa halan-halan. Saya juga, halan-halan di dalem rumah. Hehehe. Gak kemana-mana deng long weekend kemarin, soalnya anak-anak lagi pada kurang fit jadi liburan cuma di rumah aja.


Alhamdulillah juga nambah lagi nulisnya buat aktivitas baru di dunia blogging. Semoga bisa konsisten sharing tulisan-tulisan yang bermanfaat ya. Amiin-in doong....


Bicara tentang sakit, mungkin ada yang pernah sakit dan diharuskan periksa darah oleh dokter? Biasanya
kalau ada yang menunjukkan gejala sakit DBD atau typus pasti dokter menyarankan untuk periksa darah dan langsung dilakukan di RS tempat kita ditangani.


Berkaitan dengan periksa darah tersebut, saya juga pernah periksa darah, tepatnya 3 kali termasuk anak pertama, Dhifah. Periksanya bukan di RS, tapi di laboratorium mandiri seperti Lab Prodia, dan Lab Cito. Selain kedua lab tersebut ada juga Lab Pramitha. Lab Pramitha kabarnya lebih mahal tapi kualitasnya memang bagus, kabar dari teman.


Back to mengapa harus periksa darah,


Saat itu diharuskan periksa darah oleh dokter kandungan saat hamil anak pertama. Dsog menganjurkan untuk periksa darah ketika saat itu saya mengalami pendarahan di usia kandungan 8 minggu.


Penjelasan detil pun saya sampaikan ke Dsog tentang kronologi pendarahan saat itu. Berbekal surat rujukan dari beliau, saya diharuskan periksa Toxo (IgG dan IgM) di Lab Prodia, dikarenakan RS tempat saya periksa belum memiliki fasilitas lengkap untuk pengujian lebih lanjut tentang virus.


Oya, Gaes.


Lab Prodia ini semacam laboratorium mandiri (bukan RS) dimana kita bisa periksa darah, periksa kesehatan semacam gula darah, kolesterol, dan pemeriksaan lain-lainnya. Lab Prodia terdekat yang ada di wilayah Depok berlokasi di Ruko Pesona Khayangan di Jalan Margonda. 


Singkat cerita, setelah diuji dan mendapatkan hasilnya. Bersyukur hasilnya adalah saya negatif Toxo baik IgG dan IgM.

Hasil Uji Tokso, tahun 2014.



IgG itu apa?


Jadi, IgG itu kondisi yang menunjukkan apakah kita pernah terpapar suatu virus. Biasanya kalau hasilnya + (positif), itu berarti kamu pernah terpapar/terinfeksi dan kini sudah terbentuk antibodi (pertahanan tubuh) virus tersebut di dalam tubuh.



IgM itu apa?


IgM itu kondisi yang menunjukkan apakah virus yang menginfeksi tersebut sedang aktif/tidak. Kalau aktif atau hasil positif, itu bisa dikatakan berbahaya. Kalau tidak, biasanya tidak dilakukan treatment (pengobatan) oleh dokter yang menangani.



Semoga bisa dipahami ya tentang penjelasan IgG dan IgM ini.



Pengalaman periksa darah pertama kali di Lab Prodia ini aman-aman aja, karena semua keterangannya jelas di hasil pemeriksaan.



TAPIIIIIIII


Saya (agak) kecewa manakala beberapa waktu kemudian diharuskan periksa darah, lagi.



Yups, periksa darah anak pertama, Dhifah.



Singkat cerita, Dhifah dirujuk periksa darah oleh Dsa yang menanganinya karena dari hasil CT Scan Kepala menunjukkan adanya pengapuran otak disebabkan infeksi virus Cytomegalo (CMV). Tujuan periksa darah ini Dsa mau lihat virus CMV nya aktif atau enggak.


(Lengkapnya tentang CMV pada Dhifah insya Allah saya ceritakan di next post ya)



Hasilnya? AKTIF.



Trus, (agak) kecewanya dimana?


Kecewa, bagian hasil IgM hanya menunjukkan kalimat POSITIF. Sedangkan, konstantanya enggak ada. Padahal kalau ada kita jadi tahu berapa nominalnya, besar atau kecil. Dari nominal angkanya ini bisa kita tahu juga taraf infeksinya sejauh mana. Kalau mau tahu sejak kapan menginfeksi bisa diketahui dengan pemeriksaan aviditas-nya.



Saya dan pak suami sampai datang lagi ke Lab Prodia di Margonda, cuma buat nanyain kemana angkanya. Hahaha


Tapi, kata pegawai nya, emang gak ada. Emang gitu aja. Hiks. Gak puas. Pulang dengan tangan hampa. Selain kecewa karena hasilnya, kecewa karena buat periksa darah ini gak sedikit biaya yang dikeluarkan. Kamu harus siap uang sekitar setengah juta alias 500 ribu lebih untuk tes IgG dan IgM. Jadi Masing-masing harganya di angka 250 ribuan. Harga ini gak berlaku untuk pemeriksaan TORCH lain ya, masing-masing uji beda harga.


Hasil Uji CMV Dhifah, tahun 2015.

Pengalaman serupa ternyata bukan hanya saya aja yang mengalami kejadian macam ini di Lab Prodia. Awalnya saya pikir ini kesalahan (sepele) teknis yang mungkin aja baru. Rupanya ada orang lain yang juga mengalaminya. Saya ketahui dari suatu grup yang saya bergabung di dalamnya. Grup Ramah Rubella, foundernya Mba Grace Melia.



Pengalaman ke-tidak puas-an saya ini saya jadikan catatan khusus buat Lab Prodia. Sehingga, Lab Prodia gak masuk list saya lagi. Hahaha. Babay Prodia...



LAH, EMANG PERIKSA DARAH LAGI?



JAWABANNYA. IYA!



Pada akhir tahun 2015 lalu, saya kembali periksa darah. Periksa darah kali itu saya lakukan atas inisiatif pribadi. 



Kenapa?



Karena tak disangka, di luar dugaan pada bulan Desember 2015 kala itu saya positif hamil anak kedua. Riwayat penyakit pada anak pertama yang disebabkan oleh si CMV membuat kami khawatir dengan kondisi anak kedua kelak. Wajar aja ya, semua pasangan orangtua pasti mengharapkan anaknya lahir dengan sehat dan sempurna.



"Virus CMV bisa ditularkan dari ibu ke anaknya."


Pengetahuan inilah yang kemudian membuat kami penasaran dan membuat saya kembali periksa darah. Periksa darah kali itu bukan lagi di Lab Prodia, tapi di Lab Cito. Lab Cito terdekat berada di daerah Jl. RS Fatmawati.


Alhamdulillah, harga dari masing-masing uji bisa dibilang lebih hemat di banding di Lab Prodia. Tapi begitu tetap harus siap biaya minimal 500 ribu.


Saat itu saya periksa uji CMV baik IgG dan IgM. Hasilnya, IgG CMV positif dan IgM CMv negatif. Alhamdulillah IgM nya negatif. Ini artinya aman dan tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan saya kala itu.

Hasil Uji CMV saya, akhir tahun 2015



Saya kasih tahu ya... ada untungnya loh. Keuntungan periksa di di Lab Cito ini kamu bisa mendapat potongan harga sebesar 10% setiap pemeriksaan di tanggal 9 dan 10 tiap bulannya. Harga dari setiap uji pun masih di bawah harga Lab Prodia. Banyak juga keuntungan lain yang saya gak hapal. Hehe




Lab Prodia


1. Lokasi Lab Prodia untuk wilayah Depok ada di Jl. Margonda No. 45 Ruko Pesona Khayangan No. 9, Telp. (021) 7751178, 7751826. Website prodia.co.id


2. Hasil dari uji di Lab Prodia sifatnya kualiti. Sehingga, bisa saja di hasil uji ditunjukkan tanpa angka nominal hanya berupa kalimat +/- .


3. Harga di atas harga uji Lab Cito.


4. Tidak ada potongan harga khusus, terutama untuk uji TORCH.


5. Fasilitas lain: Hasil uji bisa diakses via internet dengan cara memasukkan nomor ID.


Lab Cito


1. Lokasi di Jl. RS Fatmawati 27A Jakarta Selatan Telp. (021) 766 4036. Website labcito.co.id


2. Hasil dari uji di Lab Cito sifatnya kuantiti. Ditunjukkan angka nominalnya.


3. Harga di bawah harga uji Lab Prodia.


4. Ada potongan harga sebesar 10% jika melakukan uji di tanggal 9 dan 10 tiap bulan.


5. Fasilitas lain: Pemeriksaan lab bisa ditunggu, layanan pengambilan spesimen di rumah/kantor, hasil uji bisa diakses via SMS dan internet.



Itu pengalaman saya periksa darah. Semoga bermanfaat ya, jika suatu hari nanti kamu mau periksa darah juga.



Kamu yang sudah pernah, share yuk di kolom komentar.


Terima kasih ya, sudah membaca :)

2 komentar:

  1. Hai mba. Aku sellau takut nih kalau disuntik untukk diperiksa darahnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga sakit mba al, cuma kaya di gigit semut haha

      Mba Al, makasi udah mampir :)

      Hapus