Senin, 17 Juli 2017

Tentang Blog Baru "www.mamaenergic.com"



Kali ini, saya mau cerita tentang berdirinya blog yang sekarang saya gunakan ini. Kenapa sih harus diceritain? Ya tidak kenapa-kenapa juga. Setidaknya di masa depan jadi ingat alasan mengapa blog ini dibuat.

Menulis di blog sebenarnya bukan hal baru. Tahun 2010 pernah punya blog tapi
digunakan untuk keperluan tugas kuliah saja saat itu. Beberapa tulisan juga pernah saya posting di sana dan kebanyakan masih seputar aktivitas saya sebagai mahasiswi. Platform yang saya pakai waktu itu wordpress, karena memang disuruh dosennya sih. Dulu juga gak terlalu diotak-atik blognya, karena memang gak mau ribet juga, yang penting tugas kuliah lancar jaya dan dapat nilai A. Haha

Seiring berjalannya waktu, sibuk kuliah dan kegiatan lain blog jadi berdebu dan jamuran karena gak pernah saya update. Jangankan di update, ditengok aja enggak. Alhasil blog telupakan begitu saja. Lalu 3 tahun belakangan, semangat nge-blog itu seperti lahir kembali. Setelah melihat seorang kakak kelas semasa SMA yang aktif ngeblog dan melihat kiprahnya di dunia blogging membuat saya tertarik aktif coret-coret lagi di blog. Semasa SMA saya dan Teh Tetty (panggilan akrab saya) cukup akrab, karena ia saya sudah anggap seperti kakak sendiri. Lama tak pernah bertemu karena ia bermukim di Bandung, tapi kini ia tinggal di Tajurhalang.

Teh Tetty (pemilik blog tettytanoyo.com) pernah bilang ke saya, "aktif ngeblog aja Mel, nanti kita bakal ketemu". Yups, kami tak pernah lagi berjumpa karena kesibukan masing-masing yakni mengurus keluarga. Kiprah beliau di dunia blogging membuat saya kagum dan bangga, karena konsisten ngeblog Teh Tetty beberapa kali menyabet juara di beberapa lomba blog. Wah kerenlah. Inspiratif.

Terinspirasi dari beliau, saya coba aktif lagi ngeblog. Awalnya ngecek di WP blog saya yang dahulu, tapi sayangnya lupa password. Akhirnya buat lagi dengan nama "ameliafafu.wordpress.com". Padahal nama domain sudah oke, tapi sayangnya saya gak paham ngotak-ngatik blog dengan platform WP, susah ternyata apalagi belum biasa. Lalu, pindahlah saya pakai platform gratisan BP alias blogspot. Alhamdulillah, blogspot lebih mudah dioperasikan. Blog di WP masih ada tapi belum sempat dihapus.

Inspirasi Nama "mamaenergic"

Pembuatan nama domain biasanya diambil dari nama pribadi, seperti nama panggilan, ada juga nama pena, atau nama-nama yang biasanya menggambarkan atau hal-hal yang disukai pembuat blog. Ini pengamatan saya setelah BW (blog walking) ke alamat blogger lain. Keuntungannya, jadi lebih mudah diingat sekaligus membangun "branding". Duileeh, ngeblog aja pakai branding-branding segala ya. Hehe

Nama "mamaenergic" sendiri sebenarnya tidak sengaja saya pakai. Maunya pakai nama domain dengan nama sendiri "ameliafafu" sayangnya tidak bisa dipakai oleh sistem. Lalu, celetuk di kepala kepikiran nama tersebut, jadilah. Tidak berapa lama, saya teringat ucapan adik kelas pernah bilang begini ke saya, "Teh, pakai batu alkaline ya? Gak capek apa? Semangat banget".

Dari ucapan itulah kemudian saya jadi ingat masa-masa sekolah dulu, saya selalu semangat dalam melakukan segala hal, capek ya dirasakan sendiri, gak perlu mengeluh, ikut kegiatan apa aja dijabanin, pergi ke sana ke sini, intinya saya berjanji pada diri sendiri "gak boleh mengeluh, harus semangat". Kata-kata itu yang selalu saya jejelin di kepala. Hasilnya, bisa dilihat saya jadi orang yang "gak bisa diam".


Mengambi hal-hal positif dari nama blog, memang sedikit banyak menggambarkan bagaimana saya saat ini. Sebagai seorang ibu, saya aktif mengajar di suatu sekolah, dan sampai saat ini pun masih aktif di beberapa organisasi yang saya berkecimpung langsung di dalamnya. Harapan saya nama tersebut menjadi doa agar saya selalu energic, semangat, pantang mengeluh, pantang menyerah, dan tetap memberikan kontribusi untuk kehidupan di sekitar saya di luar tugas utama saya sebagai seorang istri dan ibu.

Berubah dari Platform Gratisan ke Berbayar

Saya patut berterima kasih sama Teh Tetty. Karena beliaulah yang membantu saya mengubah domain gratisan ke domain berbayar. Beberapa hari lalu menyempatkan main ke rumahnya di Tajurhalang dem belajar menej blog, hahaha. Bahkan buat sampi ke rumahnya saya perlu perjuangn keluar dari acara muter-muter gak jelas di Bojonggede. Padahal, dari Sawangan ke Tajurhalang bisa dibilang dekat, eh lumayan, gak sampai 3 jam perjalanan. Tapi, kemarin 3 jam lebih saya baru sampai di rumahnya Teh Tetty. Ya Alloh, ujian banget mau menuntut ilmu. Tapi, puas dan terbayar setelah nama domain saya berubah jadi ada dotcom nya. Horeee. Ngebacanya jadi lebih simpel kan. 

Caranya? Saya beli domain di Qwords.com . Belinya ya melalui dunia maya dibantu sama Teh Tetty. Mudah saja, tinggal daftar, transfer, lalu kita akan dikasih petunjuk-petunjuk yang nantinya domain gratisan kita dari wordpressdotcom atau blogspotdotcom berubah setelah kita melakukan beberapa tahapan dan sejurus kemudian blog kita gak pakai embel-embel platformnya lagi. 

Manfaat Ngeblog Untuk Saya

Buat apa sih ngeblog? Mungkin ada juga yang bertanya demikian. Yaa banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan kalau kita mau konsisten. Walaupun saya blogger baru, tapi manfaatnya sudah saya rasakan sekarang ini.

"Biar dapat uang?"
Wah, itu sih nomor kesekian. Saya bukan tipe orang yang money oriented jadi gak kepikiran hal ini jadi tujuan utama. Tapi tentang penghasilan dari blogging, saya pernah ikut kampanye suatu produk dan dapat juga rezekinya loh. Alhamdulillah.

"Biar dapat ilmu?"
BETUL. Ini dia yang saya suka. Karena saya tipe orang yang senang belajar hal-hal baru jadi ILMU itu hal utama yang saya kejar.

"Biar nambah teman?"
Yups. Menambah kawan, jaringan, dan silaturahmi. Senang rasanya kalau punya kenalan di berbagai daerah. Positifnya, kita bisa tahu informasi dari berbagai daerah, mempelajari karakter (meskipun gak ketemu, tapi bisa kita lihat dari tulisannya), belajar dari pengalamannya, dan nilai-nilai positif lainnya. Berkah silaturahmi pastinya.

Ada lagi selain 3 hal di atas yaitu kebahagiaan tersendiri kalau tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain yang membaca. Bisa jadi kebaikan yang pahalanya tidak putus insya Allah, bagai sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir meskipun kita telah tidak ada di dunia.


Harapan saya, setelah lahir blog ini dengan nama yang baru, semoga saya pribadi lebih konsisten menulis dan bisa menej blog lebih baik biar blognya . Aamiin...


Happy blogging yaaa...

8 komentar:

  1. Mwaaa ada namaku disebut-sebut, happy blogging Mel. You'll find unexpected things in life, yeah. *sok bijak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeeaaah, makasiii teteh... *salim tangan*

      Hapus
  2. Halo Amel.... Seneng ya kita ketemu di sini dan sudah bertemu wajah juga di event kemenkes tgl 21 Juli lalu. Wah keren dong ngeblog sejak 2010...Semoga makin semangat ya nulisnya, bu guru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, makasi udah mampir. Kapan kapan kalaubluang semoga bisa event bareng lagi ya kita. Aku jg masih pemula nulis mah hehe, berguru dr Mba Nurul nih :)

      Hapus
  3. sama mba, saya juga pakai domain yang sekarang karena kenangan masa kecil ibu saya bilang kalau menyimak guru dengan baik harus duduk paling depan, sama dengan membaca blog itu kan menyimak *hhaha nyambungin aja deh*. Tetap semangat nulisnya mama energic, salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, setiap orang punya sejarah khasnya ya hihi. Salam kenal juga mba :) Makasi udah mampir

      Hapus
  4. Bener Mba, tujuan blog Pertama tuh biar biasa berbagi, berbagi ilmu. Kedua sebagai penyampaian inspirasi yang kadang gak keucap di dunia nyata. Hehe

    BalasHapus