Wisata Curug Cigamea di Gunung Bunder Bogor

| On
Juli 20, 2017


Liburan dan lebaran adalah dua kata yang hampir mirip kalau diucapin, cuma beda huruf sedikit. "Liburan" biasanya pasti dikaitkan dengan aktivitas bepergian ke lokai-lokasi wisata, sedangkan "Lebar-an" ada juga yang diplesetin menjadikan badan lebar alias gemuk. ini gegara liat beberapa postingan IG teman-teman yang captionnya "melebar bersama", lebaran menjadi lebar-an, dll. Hahaha. Lebaran biasanya memang jadi momen yang gak terlewatkan buat bikin event liburan bareng-bareng
terutama dengan keluarga besar.

Padahal mah ya bisa juga setiap minggu kita liburan, datang aja ke lokasi wisata yang dekat dari rumah, ya kan? Tapi memang momen lebaran punya daya tarik tersendiri, padahal kalau kita datang ke tempat wisata di waktu event libur itu kan menguras jiwa banget. Maksudnya tuh kita harus rela desekan sama pengunjung wisata lain, mulai dari harus antre panjang, kadang gak kebagian tempat, menunggu lebih lama untuk banyak hal dan lain-lain yang ujung-ujungnya bikin BT.

Tempat wisata saat libur lebaran saya kali ini ada dua tempat, yang pertama ke Curug Cigamea di Gunung Bunder Pamijahan, Bogor. Kedua, ke Pantai Cikembang Palabuhan Ratu di Sukabumi. Alhamdulillah. Ulasan Pantai Cikembang saya buat di post terpisah ya.

Wisata ke Curug Cigamea sebenarnya rencana dadakan (banget) seminggu pasca lebaran. Pagi itu rencana mau pulang ke Sawangan karena habis nginep semaleman di rumah mamamer di Perigi. Ternyata, ummi bilang ke suami saya bahwa ia mau ke GB, ternyata suami tertarik. Saya? Agak sedikit BT, hahaha. Saya lebih suka segala sesuatu yang direncanakan lebih dulu, minimal ada obrolan malam harinya begitu. Ini mah baru pagi diomongin terus langsung pada siap-siap packing dan masak bekal. Grabak-grubuk deh. LOL


Akhirnya, saya ikut dong. Yah, gak enak juga kan gak pergi yang jauhan pas libur lebaran begini. Maklumlah karena gak pernah merasakan yang namanya "mudik" karena jarak dari Sawangan-Bedahan cuma 10-15 menit aja. Hahaha, takdir punya suami dari kelurahan sebelah.

Namanya dadakan, rombongan baru berangkat jam 9.30-an, berangkat gak pake mobil. Saya dan keluarga dari Perigi naik motor alias touring gitu. Serunya liburan kali ini edisi komplit, karena semua anak-anak ummi pergi, kaka ipar dan keluarga, adik ipar dan keluarga, termasuk ummi sendiri naiknya sama adik ipar yang bungsu. Semuanya lengkap dengan krucils-nya masing-masing. 

Rute yang kami tempuh via Cikampak, jadi nanti kita bakal masuk ke lokasi wisata di Gunung Bunder melalui pintu masuk depan. HTM lagi momen lebaran gini yang biasanya gak sampai Rp 10.000,- ini jadi dipatok Rp 30.000,- per motor. Lumayan ya naiknya, malahan kemarin itu kami gak dikasih karcisnya, langsung disuruh masuk setelah bayar. 

Sayangnya, kalau dari awal tahu mau ke Cigamea, saran saya berangkatlah via Cibatok jadi nanti pengunjung akan masuk melalui pintu masuk belakang dan kondisi jalannya sudah bagus dan hanya melewati satu wisata saja. Lewat pintu depan kamu bakal melalui jalan aspal yang buruk, banyak lubang, belum lagi jalurnya menjadi padat karena banyak juga pengunjung wisata lain, jadi sesekali kamu bakal harus turun dari motor kalau ngelewatin jalan yang terjal menanjak. Bakal kasihan motornya kalau dipaksa nanjak sambil bawa boncengan, hahaha. Jadi, ngalah aja yah. 


Wisata Curug Cigamea

Curug Cigamea adalah salah satu curug (air terjun) yang ada di wilayah Gunung Bunder. Gunung Bunder sendiri masuk ke wilayah Kecamatan Pamijahan Kab. Bogor dan letaknya berada di kaki Gunung Halimun Salak.

Buat masuk ke arena wisata curug ini kita harus bayar HTM lagi ya. Kemarin setiap orang (dewasa) dan anak-anak usia > 3 tahun dikenai Rp 15.000,-/kepala.

Gerbang masuk Curug Cigamea sekaligus lokasi pembayaran tiket masuk.


Curug Cigamea terkenal dengan jalannya yang bisa dibilang jauh untuk sampai ke lokasi curugnya. Karena baru pertama kali saya ke curug ini jadi gak punya bayangan sama sekali, karena seringnya ke Curug Seribu jaman SMA dulu.

Ternyata benar, mau ke lokasi kita harus menuruni banyak anak tangga. Belum turun aja saya udah capek ngebayangin gimana nanti pas baliknya, hahaha. Mendadak sedih. Tapi ya, dijalanin aja lah wong emang tujuannya ada di depan sana. Saran saya supaya saat berjalan lebih aman pakailah alas kaki yang bagian bawahnya gak licin, misalnya bisa pakai sepatu kets atau sendal gunung.
Ini baru awal, masih banyak anak tangga menurun di depan.


Dari jauh, tampak saung-saung, ini masih setengah perjalanan.

Di lokasi, sepanjang jalan banyak pedagang mulai dari makanan, aksesoris, pakaian hingga homestay alias penginapan. Kalau lagi pas ada, kamu juga bisa melihat monyet ekor panjang yang main-main di bawah, tapi mereka gak mengganggu kok, asal jangan kita usilin monyetnya.

Monyet sedang mencari makan.
Penginapan di lokasi Curug Cigamea bagi yang ingin bermalam.


Sampai di lokasi, rame sekali sama pengunjung lain. Haduh, sampai mikir kebagian tempat apa engga nih. Untungnya, suami gercep alais gerak cepat cari saung singgah. Alhamdulillah, dapet. Jadi saya dan keluarga tetap bisa duduk nyaman dan makan dengan tenang. Karena kami duduk di saung yang memang sekalian warung, jadi siasatnya kalau kamu mau bisa duduk nyaman tanpa diusir, belilah makanan atau minuman di warung tersebut. Insya Allah amaaan sampai selesai main air.

Tampak curug dari sisi bawah dan kondisi pengunjung yang cukup padat.

Dari dekat, curugnya bagus ya :)




Saat perjalanan kembali ke pintu gerbang, sebaiknya kita jangan melewati jalur saat datang, pilih jalur belakang yang jalannya sudah di cor, jadi kita tidak terlalu capek nanjak karena naik tangga satu per satu. Saat perjalanan balik itu, ternyata ada juga jajanan kerak telor khas Jakarta loh. Tapi, saya gak beli, karena sudah kenyang makan dari bekal yang dibawa di tambah lagi minum air teh manis hangat sampai 2 gelas. Haha, kondisi habis main air yang dingin banget bikin lapar dan haus.

Jalur balik tidak menaiki anak tangga, perjalanan sedikit lebih ringan.
Pedagang yang saya jumpai saat perjalanan balik.


 Semoga bermanfaat ya, membantu kamu yang punya rencana wisata ke Curug Cigamea

14 komentar on "Wisata Curug Cigamea di Gunung Bunder Bogor"
  1. Wow itu kalo sambil gendong bayi mayan juga tracknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa begitulaaah kemaren itu.. mwahaha berasa ampe ke jiwa. Capeknya poooll

      Hapus
  2. Pemandangannya nampooll, cakep bgddd,
    Tracknya nantangin bgd nih mbk, terutama bwt emak2 bergelambir seperti aku nih, *hahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bikin seger mata. Cuka tracknya memang luar biasa, lumayan nurunij BB. Hihi.

      Makasi mbak udah mampir :)

      Hapus
    2. Apalagi kalau sambil bawa anak kecil mba, huhu

      Hapus
  3. Ini jalan ke temapt wisata sekalian olahraga ya mba. Hehehe

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Banget, Mba. Pan kapan coba ;)

      Makasi Mbak udah mampir :)

      Hapus
  5. Wah masuk lewat depan nih ke Gunung Bunder nya. Kalau lebaran dan hari libur nasional di mana-mana HTM pasti naik de. Ini kan tadinya 10.ooo ya menjadi 30.000 hehe ga apa-apa lah nambahin rezeki penduduk sekitar. Wah bagus banget pemandangannya. Alami deh kan kita di Jakarta jarang lihat pemandangan hijau hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mba Nurul pan kapan ama keluarga ke GB :)

      Seger mata dan badan hehe

      Hapus
    2. Iya mba bisa buat refreshing dr penatnya jakarte ni hehe

      Hapus
  6. Wah ini tempat latsarnya adikku, di gunung Bunder.
    Air terjunnya indah bangeet ya Mba 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus bgt mba, dr jauh udah kelihatan dan itu bikin kagum :)

      Hapus