Pengalaman Periksa Darah di Lab Prodia VS Lab Cito

| On
Mei 07, 2017



Assalamu'alaikum...



Hola teman-teman, gimana liburan panjangnya? Asyik ya bisa halan-halan. Saya juga, halan-halan di dalem rumah. Hehehe. Gak kemana-mana deng long weekend kemarin, soalnya anak-anak lagi pada kurang fit jadi liburan cuma di rumah aja.


Alhamdulillah juga nambah lagi nulisnya buat aktivitas baru di dunia blogging. Semoga bisa konsisten sharing tulisan-tulisan yang bermanfaat ya. Amiin-in doong....


Bicara tentang sakit, mungkin ada yang pernah sakit dan diharuskan periksa darah oleh dokter? Biasanya
kalau ada yang menunjukkan gejala sakit DBD atau typus pasti dokter menyarankan untuk periksa darah dan langsung dilakukan di RS tempat kita ditangani.


Berkaitan dengan periksa darah tersebut, saya juga pernah periksa darah, tepatnya 3 kali termasuk anak pertama, Dhifah. Periksanya bukan di RS, tapi di laboratorium mandiri seperti Lab Prodia, dan Lab Cito. Selain kedua lab tersebut ada juga Lab Pramitha. Lab Pramitha kabarnya lebih mahal tapi kualitasnya memang bagus, kabar dari teman.


Back to mengapa harus periksa darah,


Saat itu diharuskan periksa darah oleh dokter kandungan saat hamil anak pertama. Dsog menganjurkan untuk periksa darah ketika saat itu saya mengalami pendarahan di usia kandungan 8 minggu.


Penjelasan detil pun saya sampaikan ke Dsog tentang kronologi pendarahan saat itu. Berbekal surat rujukan dari beliau, saya diharuskan periksa Toxo (IgG dan IgM) di Lab Prodia, dikarenakan RS tempat saya periksa belum memiliki fasilitas lengkap untuk pengujian lebih lanjut tentang virus.


Oya, Gaes.


Lab Prodia ini semacam laboratorium mandiri (bukan RS) dimana kita bisa periksa darah, periksa kesehatan semacam gula darah, kolesterol, dan pemeriksaan lain-lainnya. Lab Prodia terdekat yang ada di wilayah Depok berlokasi di Ruko Pesona Khayangan di Jalan Margonda. 


Singkat cerita, setelah diuji dan mendapatkan hasilnya. Bersyukur hasilnya adalah saya negatif Toxo baik IgG dan IgM.

Hasil Uji Tokso, tahun 2014.



IgG itu apa?


Jadi, IgG itu kondisi yang menunjukkan apakah kita pernah terpapar suatu virus. Biasanya kalau hasilnya + (positif), itu berarti kamu pernah terpapar/terinfeksi dan kini sudah terbentuk antibodi (pertahanan tubuh) virus tersebut di dalam tubuh.



IgM itu apa?


IgM itu kondisi yang menunjukkan apakah virus yang menginfeksi tersebut sedang aktif/tidak. Kalau aktif atau hasil positif, itu bisa dikatakan berbahaya. Kalau tidak, biasanya tidak dilakukan treatment (pengobatan) oleh dokter yang menangani.



Semoga bisa dipahami ya tentang penjelasan IgG dan IgM ini.



Pengalaman periksa darah pertama kali di Lab Prodia ini aman-aman aja, karena semua keterangannya jelas di hasil pemeriksaan.



TAPIIIIIIII


Saya (agak) kecewa manakala beberapa waktu kemudian diharuskan periksa darah, lagi.



Yups, periksa darah anak pertama, Dhifah.



Singkat cerita, Dhifah dirujuk periksa darah oleh Dsa yang menanganinya karena dari hasil CT Scan Kepala menunjukkan adanya pengapuran otak disebabkan infeksi virus Cytomegalo (CMV). Tujuan periksa darah ini Dsa mau lihat virus CMV nya aktif atau enggak.


(Lengkapnya tentang CMV pada Dhifah insya Allah saya ceritakan di next post ya)



Hasilnya? AKTIF.



Trus, (agak) kecewanya dimana?


Kecewa, bagian hasil IgM hanya menunjukkan kalimat POSITIF. Sedangkan, konstantanya enggak ada. Padahal kalau ada kita jadi tahu berapa nominalnya, besar atau kecil. Dari nominal angkanya ini bisa kita tahu juga taraf infeksinya sejauh mana. Kalau mau tahu sejak kapan menginfeksi bisa diketahui dengan pemeriksaan aviditas-nya.



Saya dan pak suami sampai datang lagi ke Lab Prodia di Margonda, cuma buat nanyain kemana angkanya. Hahaha


Tapi, kata pegawai nya, emang gak ada. Emang gitu aja. Hiks. Gak puas. Pulang dengan tangan hampa. Selain kecewa karena hasilnya, kecewa karena buat periksa darah ini gak sedikit biaya yang dikeluarkan. Kamu harus siap uang sekitar setengah juta alias 500 ribu lebih untuk tes IgG dan IgM. Jadi Masing-masing harganya di angka 250 ribuan. Harga ini gak berlaku untuk pemeriksaan TORCH lain ya, masing-masing uji beda harga.


Hasil Uji CMV Dhifah, tahun 2015.

Pengalaman serupa ternyata bukan hanya saya aja yang mengalami kejadian macam ini di Lab Prodia. Awalnya saya pikir ini kesalahan (sepele) teknis yang mungkin aja baru. Rupanya ada orang lain yang juga mengalaminya. Saya ketahui dari suatu grup yang saya bergabung di dalamnya. Grup Ramah Rubella, foundernya Mba Grace Melia.



Pengalaman ke-tidak puas-an saya ini saya jadikan catatan khusus buat Lab Prodia. Sehingga, Lab Prodia gak masuk list saya lagi. Hahaha. Babay Prodia...



LAH, EMANG PERIKSA DARAH LAGI?



JAWABANNYA. IYA!



Pada akhir tahun 2015 lalu, saya kembali periksa darah. Periksa darah kali itu saya lakukan atas inisiatif pribadi. 



Kenapa?



Karena tak disangka, di luar dugaan pada bulan Desember 2015 kala itu saya positif hamil anak kedua. Riwayat penyakit pada anak pertama yang disebabkan oleh si CMV membuat kami khawatir dengan kondisi anak kedua kelak. Wajar aja ya, semua pasangan orangtua pasti mengharapkan anaknya lahir dengan sehat dan sempurna.



"Virus CMV bisa ditularkan dari ibu ke anaknya."


Pengetahuan inilah yang kemudian membuat kami penasaran dan membuat saya kembali periksa darah. Periksa darah kali itu bukan lagi di Lab Prodia, tapi di Lab Cito. Lab Cito terdekat berada di daerah Jl. RS Fatmawati.


Alhamdulillah, harga dari masing-masing uji bisa dibilang lebih hemat di banding di Lab Prodia. Tapi begitu tetap harus siap biaya minimal 500 ribu.


Saat itu saya periksa uji CMV baik IgG dan IgM. Hasilnya, IgG CMV positif dan IgM CMv negatif. Alhamdulillah IgM nya negatif. Ini artinya aman dan tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan saya kala itu.

Hasil Uji CMV saya, akhir tahun 2015



Saya kasih tahu ya... ada untungnya loh. Keuntungan periksa di di Lab Cito ini kamu bisa mendapat potongan harga sebesar 10% setiap pemeriksaan di tanggal 9 dan 10 tiap bulannya. Harga dari setiap uji pun masih di bawah harga Lab Prodia. Banyak juga keuntungan lain yang saya gak hapal. Hehe




Lab Prodia


1. Lokasi Lab Prodia untuk wilayah Depok ada di Jl. Margonda No. 45 Ruko Pesona Khayangan No. 9, Telp. (021) 7751178, 7751826. Website prodia.co.id


2. Hasil dari uji di Lab Prodia sifatnya kualiti. Sehingga, bisa saja di hasil uji ditunjukkan tanpa angka nominal hanya berupa kalimat +/- .


3. Harga di atas harga uji Lab Cito.


4. Tidak ada potongan harga khusus, terutama untuk uji TORCH.


5. Fasilitas lain: Hasil uji bisa diakses via internet dengan cara memasukkan nomor ID.


Lab Cito


1. Lokasi di Jl. RS Fatmawati 27A Jakarta Selatan Telp. (021) 766 4036. Website labcito.co.id


2. Hasil dari uji di Lab Cito sifatnya kuantiti. Ditunjukkan angka nominalnya.


3. Harga di bawah harga uji Lab Prodia.


4. Ada potongan harga sebesar 10% jika melakukan uji di tanggal 9 dan 10 tiap bulan.


5. Fasilitas lain: Pemeriksaan lab bisa ditunggu, layanan pengambilan spesimen di rumah/kantor, hasil uji bisa diakses via SMS dan internet.



Itu pengalaman saya periksa darah. Semoga bermanfaat ya, jika suatu hari nanti kamu mau periksa darah juga.



Kamu yang sudah pernah, share yuk di kolom komentar.


Terima kasih ya, sudah membaca :)

27 komentar on "Pengalaman Periksa Darah di Lab Prodia VS Lab Cito"
  1. Hai mba. Aku sellau takut nih kalau disuntik untukk diperiksa darahnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga sakit mba al, cuma kaya di gigit semut haha

      Mba Al, makasi udah mampir :)

      Hapus
  2. Betul mbak sy jg membandingkan harga antara Prodia dgn Cito lebih murah Cito dgn pemeriksaan yg sama, cuma utk design interiornya lebih bagus (elegan) Prodia, di Cito interiornya lebih sederhana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, kalau harga lebih terjangkau Cito ya. Tinggal konsumen aja nih mau periksa dimana

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum mba. . Di prodia itu ada g y untuk tes alergi Kulit pada bayi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya ada bu, terakhir saya periksa alergi. cukup mahal memang tapi bisa mengetahui 55 penyebab alwrgi sekali periksa

      Hapus
    2. Thanks infonya Mba Nur Alfi :)

      Hapus
  4. thanks for sharing bu,pengalaman saya beda lab beda alat dan beda metode pemeriksaan. memang, masyarakat 'menyukai' harga yg murah tanpa mengerti kualitas. saya sendiri juga 😁. tapi setelah saya pelajari baru saya paham mengapa periksa kesehatan itu mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, kalau udah berhubungan dg kesehatan jadi kerasa banget, apalagi pas sakit ya, sehat itu mahal

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum.mengingat kmrn saya hrs dikuret karena ada masalah dg bayi saya.dokter ksh suggestion utk cek torch,nah saya bingung hrs kemana.setelah saya baca ini,saya bersemangat utk cek lab.maaf klo biaya cek torch brp ya?

    BalasHapus
  6. Thanks sharing nya bu, sangat membantu. bulan januari 2018 kemarin saya dikuret pasca hamil BO. dari dokter memang belum menganjurkan untuk cek torch tapi dari cerita temen2 deket pasca kuret karena BO. apa salahnya untuk tes, jgn smpe kejadian dua kali kuret baru tes. trauma bu dikuret....
    klo boleh tau biaya cek keseluruhan torch di lab cito berapa ya bu?
    terimakasih....

    BalasHapus
  7. Kisaran berapa untuk tes torch ?
    Saya 2 x keguguran , dokter menyarakan untuk tes torch, terima kasih

    BalasHapus
  8. Kalau di prodia kisaran 3,9jt bunda. Kalau dilab lain kurang tau. Kalau mau hemat cari balai laboratorium kesehatan di provinsi terntentu sih. Misal jakarta, semrg dan surabaya. Paket torch hanya 1,2jt

    BalasHapus
  9. Saya juga belum tes torch baru 2 Minggu lalu keguguran yang ke 3 kali nya. Terakhir saya cek harga di prodia 3 JT dengan 8 tes dan Cito 3 JT 10 tes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam mbak/mas, mau tanya kalo utk mengetahui biaya yg di keluarkan utk masing2 pemeriksaan dimana yah mbak/mas, mohon info nya. Terima kasih

      Hapus
  10. Assalamualaikum bu, mau tanya ya apakah cek lab khususnya untuk bagian perut bisa? Pengertiannya mohon. Trimakasih

    BalasHapus
  11. apakah beda cek di prodia sama di rumah sakit?
    dan kalau boleh tau beda harganya ada separoh ga ya ?

    BalasHapus
  12. Bismillah,sama mba,,, saya juga sudah pernah test torch di cito,memang mahal betul. SAYA dan suami menghabiskan dana 2jt 500k untuk biaya cek igg,igm,hp1(cmv) di tahun 2018 lalu. Dan hasilnya kita brrdua positif torch. Dan kami belum mengobatinya sebab mahalnya obat yg harus kami bayar. (USAHA demi memiliki sang buah hati. 7TH lebih usia pernikahan kami. QODDARULLOH

    BalasHapus
  13. Halo ka,
    Salam kenal, mungkin next time untuk cek kesehatan bisa kunjungi Lab Klinik Kimia Farma.
    Kami ada 61 cabang di Indonesia. Dan kami saat ini sedang ada promo reguler tiap paket pemeriksaan. Ada sekitar 20 paket pemeriksaan.
    Untuk info lebih lanjut bisa follow instagram kami di @labklinik_kimiafarma.
    Terima kasih, semoga sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba. Test torch jg ada ya di kimia farma? Kalau boleh tau untuk cek Torch berapa kisaranya di kimia farma ?

      Hapus
    2. Berapa biaya tes torch di lab kimia farma?

      Hapus
  14. Kalo utk pap smear,, lebih recommended di lab mana ya , Bu?
    Silahkan yg sudah pengalaman pap smear, mohon pencerahannya..TKS

    BalasHapus
  15. Kalo utk pap smear,, lebih recommended di lab mana ya , Bu?
    Silahkan yg sudah pengalaman pap smear, mohon pencerahannya..TKS

    BalasHapus
  16. Hai mba...mw tanya prodia bisa cek vit D apa ga y ..

    BalasHapus
  17. Ya allah mba sama kaya saya.. kesel hasil angka nya ga di tunjukin, waktu itu saya kesana buat cek hepatitis keluarga saya.

    BalasHapus
  18. Yah, nama besar ga nyaman hasil benar. Suatu saat pasti akan tumbang karena menyengsarakan karyawan. Baik ke customer tapi tidak ke employ

    BalasHapus
  19. Mau tnya Saya jg dirujuk dr RSCM tuk cek lab di prodia tuk pemeriksaan IgM chikungunya mnrut suster di Rs murah cuma sktrn 100/200rb tp stlh saya chat lgsg PRODIA hrg sekitar 600rb an & skrg saya lgi mencari lab yg lbih murah, hrg yg ckup lmyn mahal bgi saya klo bsa pke BPJS itu lbih meringankan saya..

    BalasHapus