Senin, 06 Agustus 2018

Manfaat Minyak Aromaterapi untuk Tubuh dan Review Mere Naturals Essential Oils



Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Semoga teman-teman yang lagi baca tulisan saya sehat selalu ya, gak gampang sakit, dan tetap semangat dalam beraktivitas sehari-hari. Apalagi jadi seorang ibu, jangan sampai sakit deh pokoknya. Kalau ibu sakit pasti semua anggota keluarga kerepotan, karena peran ibu itu center banget kan.

Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, mulai dari urusan anak-anak sampai bapak suami, dan tentunya keperluan diri sendiri juga jangan lupa. Nah, peran “jadi tameng” buat keluarga ini amat penting baik buat anak-anak maupun bapak suami musti banget dilakukan, kalau gak aktivitas terganggu dan tentu saja urusan domestik bakal oleng. Emezing banget yaaa!


Baca juga: Rasanya Punya Anak Sehat


Ngomongin tentang kesehatan, sekarang-sekarang ini kayaknya saya sering mendengar kabar sakit, ya saudara, teman kerja bahkan termasuk beberapa anak-anak teman kerja saya di sekolah lagi pada tumbang. Mungkin dipengaruhi kondisi cuaca kali ya, secara setiap hari hawa panas dan gersang udah kerasa banget, trus tau-tau hujan turun, belum lagi kadang ngerasa dingin banget kalau malam hari jadi berasa ada di kawasan Puncak sana.

Alhamdulillah, saya sekeluarga dalam kondisi sehat wal’afiat. Cuma emang beberapa hari ini tumben banget saya bersin-bersin, padahal lagi gak bersihin debu atau nyapu yang kotor-kotor. Pas lagi ngajar nerangin materi di kelas ya tau-tau tiba-tiba bersin gitu. Jelas, itu mengganggu banget kan. Lagi asyik-asyik belajar sama anak-anak di kelas kejeda bersin eh tiba-tiba saya lupa pembahasan udah dimana. Hahahah *inget umur

Biasanya saya gak langsung minum obat atau pergi ke dokter, saya coba banyakin minum air putih dan biasanya saya oles-olesin beberapa bagian tubuh pake aromaterapi biar rileks dan sensasi hangatnya menyerap ke tubuh. Aroma terapi biasanya udah ready to go saya bawa-bawa di dalam tas kalau pergi-pergi, ya buat jaga-jaga kalau-kalau badan terasa gak enak dan butuh kehangatan. Eyaaaaak *suami mana suami :P


Mengenal Aromaterapi


Aroma terapi itu apa sih? Aromaterapi adalah cara memanfaatkan minyak alami yang diekstrak dari tumbuhan dengan tujuan meningkatkan kesehatan secara fisik maupun psikis. Minyak yang digunakan adalah minyak esensial yang terbuat dari berbagai tanaman obat, bunga, herbal, akar, buah, dan pepohonan yang tumbuh di seluruh dunia.

Menurut sejumlah penelitian, beberapa jenis minyak esensial sudah terbukti memiliki efek positif untuk meningkatkan kondisi fisik dan emosional seseorang.

  • Minyak esensial dapat dimanfaatkan untuk aromaterapi dalam berbagai macam cara. Antara lain adalah sebagai berikut.
  • Menggunakan diffuser dengan mengubah minyak esensial menjadi uap yang wangi.
  • Menghirup minyak melalui hidung secara langsung lewat pakaian atau dari botol
  • Melakukan terapi pijat dengan menggunakan minyak esensial
  • Berendam pada air yang dicampur dengan minyak esensial
  • Mengoleskan minyak esensial secara langsung pada kulit Anda*

Pantas aja, sekarang banyak orang yang gak segan buat beli produk aromaterapi ya, karena efek positif penggunaannya tadi. Bahkan, ada yang harganya terbilang gak murah (buat saya) loh dan gak bisa dibeli secara bebas. Tapi, ada juga aromaterapi yang harganya cukup terjangkau dan masyarakat bisa mendapatkannya dengan gampang di banyak swalayan.

Ibu saya pun termasuk pengguna aromaterapi, apalagi beliau suka sesak di bagian dada. Ibu merasa lega kalau udah hirup-hirup wangi aromaterapi yang ia selalu bawa di tas kalau mau pergi mengaji di majlis taklim. Wangi aromaterapi-nya juga khas banget, menthol gitu rasanya.


Manfaat Aromaterapi bagi Tubuh dan Pikiran*


Relaksasi
Banyak penelitian membuktikan bahwa minyak esensial yang dipakai dalam aromaterapi, seperti minyak bunga lavender dan chamomile, dapat menenangkan Anda ketika dilanda kecemasan atau stres berlebih. Aroma lavender dipercaya bisa memberikan efek relaksasi serta mengendalikan sistem saraf simpatis.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Karena minyak aromaterapi membantu orang untuk mengurangi stres, maka dipercaya bahwa aromaterapi juga turut membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Seseorang dengan insomnia, cemas, atau restless leg syndrome dan gatal di malam hari yang sering terjadi dapat menggunakan aromaterapi untuk membantu tidurnya.

Mengobati Masalah Pernapasan
Beberapa minyak aromaterapi memiliki antiseptik yang dapat membantu membersihkan udara dari bakteri, kuman, dan jamur. Organisme-organisme tersebut diketahui dapat mengganggu pernapasan, seperti sumbatan, batuk, atau bersin.

Meredakan Nyeri dan Peradangan
Masalah nyeri atau otot terasa tegang, nyeri sendi, jaringan yang meradang, atay sakit kepala, aromaterapi bisa mengurangi keluhan-keluhan dari yang dirasakan tadi. Minyak aromaterapi yang biasa digunakan adalah jahe, kunyit, dan jeruk untuk meredakan nyeri sendi. Kemudian untuk sakit kepala, bisa menggunakan aroma daun mint, spearmint, dan rosemary.

Mengurangi Rasa Mual dan Baik untuk Pencernaan
Menurut Journal of Basic Physiology and Pharmacology tahun 2015, ditemukan bahwa minyak esensial kunyit dan jahe banyak digunakan di negara-negara Asia sebagai pengobatan tradisional dan bahan makanan, karena sifatnya yang melindungi lambung. Kedua minyak ini memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan, yang dipercaya dapat mengurangi nekrosis, erosi, dan perdarahan pada dinding lambung yang secara signifikan menurunkan nyeri perut.

Minyak aromaterapi seperti jahe, kunyit, anggur, daun mint, lemon, kamomil, dan eukaliptus dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung, mual, morning sickness (mual saat hamil), atau kram perut saat PMS.

Wow, ternyata banyak banget manfaat aromaterapi ya. Berarti yang saya lihat gak salah, ibu saya pernah mencampurkan minyak angin (sejenis aromaterapi) ke dalam segelas air sebelum tidur. Ternyata, bagus untuk pencernaan. Saya sih belum coba nih, baru berani pake buat obat oles.

***

Review Mere Naturals Essential Oils

Belum lama ini saya mencoba produk aromaterapi yang menurut saya cukup unik. Why? Karena ternyata selain manfaat yang tadi udah saya sebutin, salah satu varian produk aromaterapi dari Mere Naturals ini ada yang bisa digunakan untuk meredakan tantrum (amukan) anak. Penasaran kaan?!

Mere Naturals Essential Oils tersedia dalam enam varian, yaitu ME TIME MAGIC, HEALTH BOOSTER, NO MORE DRAMA, RED NOSE, TENDER TUMMY, dan GET WELL BABY. Tapi yang saya coba hanya dua varian, yaitu RED NOSE Inhalation dan NO MORE DRAMA Stress Release.



Tentang Produk Mere Naturals


Mere Naturals Oil dibuat dari 90% minyak esensial lokal hasil penyulingan petani-petani Indonesia dan 10% nya masih menggunakan minyak esensial import. Harapannya, dengan komposisi lokal yang lebih besar ini dapat menekan harga jual yang tinggi sehingga dapat lebih terjangkau oleh masyarakat luas, dan kebutuhan akan penggunaan minyak esensial lokal dapat meningkat.

Kalau melihat sisi manfaatnya memang gak rugi kalau kita sebagai konsumen lokal menggunakan produk seperti ini, ya. Bahkan, gak hanya bisa digunakan buat oles-oles di badan loh, tapi bisa buat pijat juga.




Mere Naturals “NO MORE DRAMA”

Varian NO MORE DRAMA ini agak unik, biasanya minyak aromaterapi sejauh sepengetahuan saya itu biasanya umum diperuntukkan bagi orang dewasa. Ternyata, Mere menghadirkan yang berbeda nih, berguna meredakan tantrum anak.



Klaim dari varian ini: membantu menenangkan tantrum pada anak, membantu memberikan sensasi relaksasi, mengatasi gelisah, mengatasi insomnia atau sulit tidur, memberikan rasa nyaman dengan aroma yang menenangkan.

Cara pakai: oles dan pijat lembut di sepanjang tulang belakang, tengkuk, leher, dan telinga. Lalu berikan afirmasi positif untuk menenangkan si kecil.

Varian ini bisa digunakan untuk bayi 6 bulan keatas, balur sambil diberikan afirmasi positif untuk menambah efek terapi.

Baca juga: Pengalaman Pertama Menyapih Anak

Mere Naturals “RED NOSE”


Varian RED NOSE ini yang saya suka, sebab pas banget kondisi yang beberapa hari lagi flu dan terasa dingin sekujur badan. Jadi, beberapa hari ini praktis saya masukin ke pouch kalau mau pergi-pergi supaya bisa dipakai saat dibutuhkan.


Travel pack, mudah dibawa kemana-mana


Klaim dari varian produk ini: membantu meringankan flu dan pilek maupun gejalanya.

Cara pakai: balurkan di area dada, belakang leher dan sepanjang tulang belakang.

Varian ini bisa digunakan dari usia 6 bulan keatas ya, dan hindari penggunaan di area wajah.


Kemasan

Semua kemasan Mere ini sama ya, bentuknya botol dengan tutup semprot, jadi penggunaannya harus ditekan lebih dulu baru si minyak akan keluar. Ada bagian tambahan tutup transparan, jadi lubang keluarnya minyak gak terkontaminasi udara kotor.



Kemasan botol ini dilengkapi dengan kardus sebagai packaging luar botol, warna kuning cream dan ada gambar tumbuhan, kalau saya gak salah seperti gambar bunga chamomile. Nampaknya ini menggambarkan komposisi dari minyak esensial Mere itu sendiri.

Mudah digenggam, seukuran tangan


Manfaat Lain Mere Naturals


Secara umum Mere Naturals Essential Oils ini bisa juga digunakan dari usia 0-6 bulan dan juga dewasa untuk varian lain. Selain itu, bisa digunakan sebagai pengganti minyak telon, campuran air mandi lalu biarkan si kecil berendam selama 15 menit dalam air hangat, dan bisa juga digunakan untuk pijat/massage.


Siapa yang Bisa Memakai Produk Ini?

Mere Naturals Oils ini diperuntukkan bagi dewasa, terutama kaum Ibu, baik ibu muda, ibu hamil, ibu menyusui, dan kaum ibu seantero jagat. Secara ya ibu ini perannya penting di rumah, jad harus pinter jaga kondisi supaya gak gampang melehoy. Selain kaum ibu, anak-anak juga bisa. Bapak-bapak boleh juga, tinggal disesuaikan dengan varian produknya ya, detailnya bisa lihat di media sosial Mere Naturals.


Efek Setelah Memakai

Bagi saya orang dewasa, sensasinya memang enak, menenangkan terutama wangi aroma dari minyaknya yang terasa herbal banget, wangi khas tumbuhan gitu. Setelah dioles di badan itu ada rasa hangat.

Untuk anak-anak, sepertinya agak sedikit panas, tapi gak sampe bikin kelabakan. Saya coba olesin ke badan Aura dan Anin, kata mereka panas. Hihi, tapi alhamdulillah gak sampe nangis sih anak-anaknya, jadi saya tetap pakein, buktinya Anin langsung bobo setelah saya olesin varian NO MORE DRAMA.


***

Reviewnya semoga bermanfaat ya, teman-temanku yang budiman. Nah, saya mau kasih tau juga Plus dan Minusnya Mere Naturals ini menurut pendapat pribadi.


Plus
Bentuknya travel pack, praktis dibawa kemana-mana.
Tersedia berbagai varian dengan fungsinya masing-masing.
Kemasan tutupnya bagus, produk jadi tak terkontaminasi kotoran.
Harga terjangkau, under 100K.


Minus
Tidak ada label expired date, komposisi dan size/mili.
Kadang susah ditekan dengan bentuk semprot, kalaupun berhasil
jadi tak terduga, alhasil keluarnya minyak kebanyakan. :D


Untuk info lebih lengkap, bisa langsung cek produk di:
Instagram: @mere.idn
Fanpage: mere.idn


***


*sumber: hellosehat(dot)com

9 komentar:

  1. Wah semoga minusnya jadi perhatian mereka ya. Yang tadinya mau ilangin bad mood malah tambah kesel kan nggak lucu gara2 susah semprot. Apa kita afirmasi aja pas buka? hahaha

    BalasHapus
  2. Nama-nama produknya lucu2 amat. Hahaha. Aku juga suka wangi2an kecuali parfum badan. Kayak aroma terapi oil, lilin, dll. Enak emang bikin rileks.

    BalasHapus
  3. Ooh ini minyak aromaterapinya utk atasi tantrum anak. Coba tau dari dulu ya. Skrg anakku dah gede2

    BalasHapus
  4. Hmm ternyata essensial oil bisa bikin anak tenang gak tantrum ya, baru tau aku, selama ini taunya buat pijat dan batuk pilek aja. Jadi penasaran pengen coba Mere ini

    BalasHapus
  5. Kaag aku juga pakai aromaterapi seperti itu biar lebih tenang sih psikis kita. Tapi biasanya aku palings ering tuh mengoleskan langsung ke kulit, mba. Penasaran deh mau mencoba yang merk ini. Imut nih buat dibawa kemana saja

    BalasHapus
  6. Aku kemana mana selalu bawa sejenis minyak aroma terapi ini, merk lain mksdnya. Dan klo utk aku sih hrs ada minyak aroma terapi kmn pun kupergi karena klo merasa ngga enak badan, lgsg deh oles oleh. Pengen coba Mere ini, aromanya gmn?

    BalasHapus
  7. Iya nih nama produknya lucu2 bikin pengen punya semuanya, haha. Tapi bukan karena namanya aja sih, secara fungsi juga kan memang beda2 ya bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat itu. Terutama yang Get Well Baby, rasanya perlu punya banget nih. Makasih ya Mba infonya, nambah referensi buatku yang memang sedang nyari Essential Oil :)

    BalasHapus
  8. Baca tulisan ini,jadi makin tau manfaat minyak essentials.
    Makasih Amel, ulasannya detail

    BalasHapus
  9. Saya suka aromatherapy karena efek menenangkan pas banget dipake ketika pegal pegal

    BalasHapus