Cara Enak dan Sehat Makan Sayur dan Buah untuk Asupan Serat Keluarga

| On
Mei 20, 2017



Bicara tentang serat, yang terlintas di pikiran kita sudah pasti buah dan sayur. Dari buah dan sayur itulah yang menyumbang banyak asupan  vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun sayang, tidak semua orang suka buah atau sayur dan/atau keduanya. Ini masalah, loh. Investasi masalah
yang bisa muncul di masa depan.

Biasanya kebiasaan gak suka makan buah dan sayur muncul saat usia anak-anak dan berimbas sampai dia besar. Karena rasanya memang agak langu untuk beberapa sayur, biasanya anak kecil gak mau nih. Contohnya aja keponakan saya, sejak kecil dia gak suka buah, jenis buah apapun loh ya, padahal sama mamanya selalu coba diberikan tapi selalu juga ditolak dan penolakannya pada buah itu berlangsung sampai saat ini, anaknya udah SMP kelas 2. Wuaah

Selain keponakan, masalah yang sama juga terjadi pada anak saya sendiri, Difah yang usianya kini akan 3 tahun. Pusing pala berbie bu ibu kalau anak sendiri gak mau makan buah. Padahal, saya sudah stok buah-buah yang paling ramah dan mudah didapat seperti jeruk, pisang, dan pepaya, tapi selalu geleng kepala. Difah selalu GTM kalau saya mulai sodorin buah. Hahaha, ampun deh. Tapi dia mau kalau buah jeruk saya peras atau blender. Mungkin karena bukan bentuk asli jadinya dia mau.

Selain keponakan dan anak sendiri yang menolak buah. Masalah juga terjadi sama diri saya sendiri yang tidak terlalu suka makan sayur. Sehingga membuat tubuh saya kekurangan serat dan berimbas pada kesulitan buang air besar alias sembelit. Saya pikir sekedar minum air putih yang banyak aja cukup, ternyata enggak. Tubuh kita tetap membutuhkan asupan vitamin dan serat buat kelancaran metabolisme yang sebenarnya bisa kita dapatkan dari sayur dan buah dengan mudah.

Soalnya makan sayur itu punya kesan tersendiri buat saya, rasanya yang langu bikin saya segan memakannya bahkan kadang jadi mual. Huhuhu

Contoh kasus lain juga terjadi pada teman saya. Teman saya itu sekarang menderita gagal ginjal karena kebiasannya yang suka sekali minum minuman bersoda, udah gitu gak diimbangi minum air putih, buah, dan sayur. Penyakit yang dideritanya sekarang mengharuskannya cuci darah seminggu dua kali. Kondisinya sekarang kurus, padahal dulu gemuk.  

Beruntungnya, tanggal 6 Mei yang lalu saya berkesempatan hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh PT Kalbe Farma Tbk, yang mengangkat tema “Ibu Cerdas, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Terpenuhi untuk Keluarga".

Acara yang  dilaksanakan di Ciputra Medical Centre Kuningan Jakarta ini berupa diskusi kesehatan dengan narasumber Bapak Sakri Sab'atmaja, SKM, Msi., selaku Kepala Subdit, Advokasi Kemitraan Kementerian Kesehatan RI dan dr. Rida Noor Sp. GK, dokter Gizi. Hadir juga Mba Adelia Pramasita selaku Brand Manager Juice Kategory PT Kalbe Farma Tbk.

Mba Adelia selaku Brand Manager mengatakan, harapan dari diskusi kesehatan ini adalah agar masyarakat dapat lebih memahami mengenai pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sejalan dengan program Kementerian Kesehatan yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Mba Adelia, Brand Manager Juice Kategory PT Kalbe Farma Tbk.



Mengubah paradigma masyarakat untuk mau mengkonsumsi buah dan sayur adalah tugas yang gak mudah. Sedangkan, masyarakat yang sehat menjadi komponen penting dalam membentuk negara yang sehat dan itu dimulai dari terbentuknya keluarga yang sehat. Ini menurut saya loh ya. Coba aja kamu bayangkan, bagaimana jadinya kalau anggota keluarga sering sakit-sakitan dan itu gak cuma satu dua orang. Sedangkan kiprah setiap orang dibutuhkan buat memajukan negara lewat masyarakat. *Eyaaaa

Pak sakri mengatakan saat acara diskusi berlangsung, bahwa

"Pilar pertama program Indonesia Sehat adalah upaya mengubah pola pikir masyarakat agar memiliki paradigma sehat. Penerapan paradigma sehat dilaksanakan melalui dua upaya, yakni melalui Pendekatan Keluarga dan karena sektor kesehatan tidak mampu bekerja sendiri, maka dilaksanakan pula upaya lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)".

Tahun ini, GERMAS berfokus pada tiga aktifitas utama, yaitu: 
1) memeriksa kesehatan secara rutin,
2) melakukan aktivitas fisik, dan
3) mengkonsumsi sayur dan buah.

Bpk Sakri Sab'atmaja dari Kementerian Kesehatan RI sedang memberikan pemaparan

Padahal ketiga aktivitas tersebut kalau dipikir-pikir mudah dan simpel banget ya, tapi emang rasa malas itu udah bikin kita stay di zona nyaman yaitu MAGER alias males gerak. Makan jalan terus tapi aktivitas ogah-ogahan, alhasil kalori dan lemak terus nimbun di badan. So, jangan salahin makanan kalo badan kita makin hari makin melar kaya bola bekel di rendem di minyak tanah. Hahaha. Ups, gak maksud menyindir siapapun ya.

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun (Riskesdas, 2010), sebanyak 93,5% penduduk Indonesia tidak cukup mengkonsumsi sayur dan buah. Malah Pak Sakri bilang, tidak sampai 5% yang konsumsi sayur dan 3% untuk konsumsi buah. Artinya angka tersebut masih jauh dari harapan, sehingga kekurangan konsumsi sayur dan buah dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti lemah jantung, stroke, jantung koroner, ginjal dan yang paling umum dan mudah dtemukan adalah sembelit alias susah buang air besar. Aktivitas fisik yang mulai ditinggalkan, kondisi lingkungan yang tidak sehat, dan bertebarannya limbah rumah tangga juga bisa memicu munculnya berbagai penyakit. Apalagi, kalau kita suka makan-makanan yang langsung jadi, telpon babang gojek pesen ini itu lalu gak sampai itungan jam makanan udah tersaji di depan mata. Duh, kalau sering-sering gak bagus juga. Sebaiknya, tetap bikin makanan yang diolah sendiri di rumah sehingga kita tahu kualitas gizi dan kebersihannya.

Dilematis yaa. Tapi, emang kalau mau hidup sehat ya perlu usaha dan disiplin diri. Tinggal balik ke kemauan kita aja.


dr. Rida, salah satu narasumber mengatakan, sayur dan buah selain menyehatkan juga bisa mempercantik tubuh. Misalnya vitamin C, buat produksi kolagen dan elastisitas kulit. Vitamin A untuk regenerasi kulit dan menyokong tubuh kita untuk tetap fit dari dalam.
dr. Rida (Ahli Gizi) sedang menjelaskan tentang pentingnya serat dan vitamin bagi tubuh


Manfaatnya asyik ya, bikin kita bisa tetap awet mudah nih, asal rajin konsumsi buah dan sayur. Yaa minimal bisa memperlambat penuaan dini, toh lama-lama emang bakalan tua juga sih, hehehe. Semua perlu diusahakan, apalagi buat keluarga, maunya yang terbaik supaya bisa sehat sama-sama sampai tua. *mendadak melow*

Penyakit makin ke sini emang makin ngeri, Mom. Perkembangan penyakit degeneratif yang udah saya sebutkan di atas yaitu stroke, ginjal, diabetes dan lainnya mengalami peningkatan yang cukup besar karena gaya hidup dan pola makan yang gak sehat di kalangan masyarakat. Dampaknya bikin biaya kesehatan yang tinggi dan menurunnya tingkat produktivitas di masyarakat. Kalau udah sakit memang baru kerasa betapa nikmat sehat itu indah sekali. Juga nikmat berkumpul dengan keluarga yang gak bisa dibayar dengan apapun.


PT Kalbe Farma Tbk. ngasi cara #enaktapisehat buat kita yang biasanya suka ogah makan sayur dan buah. Produk baru dari Kalbe yang bernama #vegiefruitpremium ini merupakan jus yang berbahan sayur dan buah dengan rasa yang enak dan praktis dibawa ke manapun. Harganya juga sangat terjangkau yaitu Rp 8000,- untuk satu botol berukuran 300 ml. #Itsdeleasyousveggie banget! Jadi, kemana pergi bisa tetap memenuhi kebutuhan serat dan vitamin buat tubuh kita ya, Mom.


Produk baru dari PT Kalbe "Vegie Fruit Premium"


Saat ini tersedia varian Carrot Squeeze yang merupakan kombinasi sayur wortel dan buah jeruk serta nanas. Rasanya terdiri dari campuran dari manis, asem, tapi juga segar apalagi di minum dalam kondisi dingin.


#vegiefuitpremium varian carrot squeeze ini sumber vitamin A dan tinggi vitamin C, serta kaya akan serat. Selain itu, yang penting dicatet nih Mom, minuman ini tanpa kandungan bahan pengawet, tanpa pewarna dan tanpa pemanis buatan. Jadi, aman diminum tanpa rasa khawatir ada efek samping. Efek samping yang kerasa adalah isi dompet menipis karena jadi sering beli #vegiefruitpremium. Hehehehe. Soalnya emang enak banget, Mom. Bikin nagih, tapi gak bikin candu yaa. *minta dilempar veggie* Wkwkwk

Kandungan Vegie Fruit Premium


#veggifruitpremuim menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) untuk menjamin nutrisi dan kesegaran produk tetap terjaga meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet. 





Tanpa pengawet dan pemanis buatan


Warna Vegie Fruit Premium berasal dari warna alami wortel dan jeruk



Minuman #enaktapisehat ini juga aman dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai dewasa, pria maupun wanita, buat bumil dan busui juga aman ya, karena itu tadi gak pake bahan pengawet dan pemanis buatan.

 
Unch unch unch, sebagai busui saya senang sekali rasanya, karena gak perlu khawatir akan efek samping buat anak saya yang masih aktif menyusui. Produk #enaktapisehat dari Kalbe ini bisa dibeli di market-market besar seperti Hypermart, Giant, dan baru tersebar di 500 Alfamidi dan Alfamart.
Sangat segar diminum, terutama kondisi dingin


So, #vegiefruitpremium ini bisa jadi pilihan bagi ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur dan buah. It's now #deleasyouswaytohaveveggie !

Selamat mencoba ya, Mom!


3 komentar on "Cara Enak dan Sehat Makan Sayur dan Buah untuk Asupan Serat Keluarga"
  1. Minum ini susah stop. Enak sih.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mba.. udah seteguk eh terus terusan. Apalagi kalo dingin hmmmm

      Mba Anik makasi udah koment :)

      Hapus
  2. Praktis banget minum jus buah dan sayur tinggal teguk.

    BalasHapus