Yuk, Kenali Jenis Kulit Bayimu dan Cari Tahu Perawatan Terbaik Bagi Kulitnya!

| On
Oktober 16, 2018
Moms, siapa anaknya yang pernah mengalami masalah kulit?

Sumber: Pexel

Kayaknya, hampir sebagian besar ibu punya masalah dengan kulit anak ya. Ternyata, anak saya pun mengalaminya, padahal saya kira bakal aman-aman aja gitu karena anak pertama nggak pernah ada masalah kulit.

Curhat dulu nih yaa…


Jadi, pas punya anak kedua, saya mulai dihadapkan dengan masalah kulit anak. Dek Aura, seminggu setelah lahir kulitnya timbul bintil-bintil isinya air dan ada yang bentuknya lebar. Awalnya, saya kira cacar. Tapi, kata bidan yang menolong persalinan saya saat itu ini bukan cacar tapi penyebabnya bisa dari virus di udara.

Saya agak sedikit panik dan takut, secara bayi masih merah kulitnya udah kena masalah. Bingung, tapi setelah konsultasi dengan bidan dan diberikan sabun cair khusus buat bayi saat mandi, agak tenang sedikit karena bintilnya mulai kempes, walaupun ngurusin masalah ini lamanya kurang lebih 2 bulan baru bener-bener pulih total. Sayangnya, data foto-foto saat Aura bayi musnah. :(

Apa masalah berhenti di situ? Ternyata TIDAK!

Usia sekitar satu tahun, Aura kembali mengalami masalah kulit. Kali ini kulitnya ruam kemerahan terutama di bagian lipatan leher dan paha. Duh, ini juga nggak kalah bikin saya rada ngeri tiap kali saya lihat, selain merah kulitnya jadi basah sebab ruamnya di lipatan yang hampir setiap saat basah kena keringet, secara Aura ini anaknya sangat aktif dan hampir tiap saat mainnya di luar rumah, lari-larian, main ayunan, dan aktivitas fisik yang nguras tenaga banget. Cerita lengkapnya pernah saya ulas di blog.

(yang mau baca search aja ya ehehehe)

Masalah juga nggak henti disitu Moms, belum lama juga kulit punggung dan bagian pantatnya bersisik. Nggak parah sih, tapi kadang dia mengeluh gatel sampe digaruk sendiri dan kulit malah jadi merah

Huwoooow… ujian banget ini anak kedua sama kulitnya.

Pengobatan yang saya lakukan ya sekedar berbekal bertanya dengan temen-temen yang anaknya pernah mengalami hal yang sama aja, kemudian saya minta juga rekomendasi produk apa yang kiranya bisa mengatasi masalah kulit Aura.

Menurut American Academy of Dermatology, gangguan kulit adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi dengan prevalensi mencapai 70% sehingga menjadi sumber kekhawatiran yang besar bagi orangtua.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa 1 dari 5 anak berisiko terkena dermatitis atopik. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan berasal dari faktor keturunan, sistem imun yang rendah, dan pada umumnya lebih sering terjadi di daerah perkotaan dengan iklim kelembaban yang rendah.

Meskipun Aura nggak mengalami dermatitis atopik, saya cukup tenang ya walaupun pas kulitnya ruam tetep aja ketar-ketir. Sejauh ini masih sebatas mengobati kalau udah kejadian. Hwaaaaa, ini kayanya karena saya belum kenal sama jenis kulit Aura yang gampang masalah deh!

Talk Show “Kenali #ApaJenisKulitBayimu” bersama Mustela Bebe


Tanggal 29 September 2018 lalu, saya berkesempatan mengikuti talk show yang membahas tentang pentingnya mengenal jenis kulit bayi kerjasama Mustela Indonesia dan MBC (Mom Blogger Community). Berlokasi di Mal Pakuwon Surabaya, saya bersama Mbak Fiza (Jakarta) dan Para Mom Blogger Surabaya antusias mengikuti talk show yang menghadirkan dua narasumber yaitu:

1.dr. Intan Diana Sari, selaku pakar kesehatan (Head of Medical PT. Interbat)
2.Bapak Mohamad Nurhadi, selaku Brand Manager PT. Interbat
3.Mbak Indira, selaku pemandu acara (MC)

Kiri-kanan: Bpk Moh. Nurhadi, dr. Intan Diana Sari, Mbak Indira

Dalam acara ini juga sekaligus mengkampanyekan #ApaJenisKulitBayimu serta bagaimana merawat kulit bayi dengan benar.

Jujur aja nih ya, saya pun sebatas tahu kulit anak ada yang normal dan ada yang sensitif. Lebih dalam, penanganan khusus masing-masing kulit pun belum paham banget. Drama mamah muda, ye kan! Hahaha

Para Moms Blogger antusian mendengar pemaparan dari narasumber 

dr. Intan menjelaskan kepada para moms yang hadir bahwa kulit anak-anak harus dijaga dan dirawat sejak dini, khususnya anak-anak yang punya jenis kulit atopik. Cirinya itu kulitnya kemerahan, gatal, dan kering. Jadi produk yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti ini harus spesifik, sesuai jenis kulitnya. Produk Mustela adalah solusinya khususnya Mustela Stelatopia.



Bapak Nurhadi juga memaparkan kampanye Mengenal Jenis Kulit Bayi ini persembahan khusus Mustela dengan tujuan mengajak orangtua lebih mengenal jenis kulit anak mereka. Dengan begitu, orangtua bisa memberi perlindungan dan perawatan yang tepat untuk anak dan ini investasi untuk masa depan saat mereka dewasa nanti.



(Yeay,  pas banget kan ikut acara ini!  :D)


Tentang Mustela Bebe



Mustela dikenal sebagai mother and baby skincare nomor 1 di Eropa. Sejak awal berdiri di Perancis tahun 1950, Mustela memahami bahwa kulit bayi sangat unik dan perlu perawatan khusus. Berangkat dari pemahaman itu, Mustela menghadirkan rangkaian produk spesifik untuk kulit bayi dan menjadi pioner riset kulit bayi. Mustela juga bekerja sama dengan dokter spesialis kulit, anak, toksikologi, alergi, ginekolog, dan apoteker.

Mustela telah melakukan terobosan baru melalui riset terhadap kulit dari 200 bayi selama lebih dari 10 tahun dan hasilnya dipublikasikan di British Journal of Dermatology. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa kulit bayi berumur 0-2 tahun memiliki beberapa perbedaan utama dibandingkan dengan kulit dewasa.

Kampanye Kenali Jenis Kulit Bayimu memberikan edukasi tentang 3 jenis kulit bayi yang bisa dikenali dengan mudah. Namun, ternyata ada fakta menarik tentang kulit bayi yang belum banyak diketahui:
1.Lapisan pelindung kulit belum terbentuk sempurna
2.Kulit bayi cenderung kering
3.Kekayaan sel (stem cell) kulit sangat tinggi dan cenderung menurun drastis  di usia 0-2 tahun karena faktor luar
4.Bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda


Mengenal Berbagai Jenis Kulit Bayi dan Rangkaian Perawatannya

Ada 3 jenis kulit bayi yang perlu Moms ketahui  cirinya:

1.Jenis kulit normal. Tekstur kulit bayi terasa lembut, lembab dan bersih. Jenis kulit ini mudah dideteksi karena teksturnya yang halus ketika disentuh.


Rangkaian produk Mustela Bebe untuk kulit normal:
2in1 Cleansing Gel
Foam Shampoo
Gentle Cleansing Gel
Gentle Shampoo
Hydra Bebe Body Lotion
Hydra Bebe Facial Cream
Massage Oil
Multi Sensory Bubble Bath
Shooting Cest Rub


2.Jenis kulit kering. Tekstur kulit bayi cenderung kasar, bersisik, terkadang mengelupas. Hal ini bisa disebabkan karena faktor genetik, lingkungan yang tidak bersih atau penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.


Jenis kulit kering memerlukan nutrisi dan kelembaban yang tinggi, karena itu Mustela menggabungkan Avocado Perseose dengan Demo-Nutrition Complex untuk mengembalikan Kelembaban dan kelembutan kulit bayi.

Rangkaian produk Mustela Bebe untuk jenis kulit ini:
Gentle Soap with Cold Cream-nutri-protectives
Nourishing Cleansing gel with cold cream
Nourishing cream with cold cream
Nourishing lotion with cold cream


3.Jenis kulit dermatitis atopik atau eksim. Dimana tekstur kulit bayi terasa sangat kering, sering muncul bercak merah, terasa gatal. Bisa juga karena faktor genetik dan umumnya terjadi pertama kali saat bayi berumur 2 bulan hingga 1 tahun.


Untuk tipe kulit atopik, rangkaian Mustela Stelatopia menggunakan Avocado Perseose dan Sunflower Oil Distillate yang sudah teruji secara klinis, aman dan efektif untuk merawat kulit atopik.

Rangkaian produk Mustela Bebe untuk jenis kulit ini:
Stelatopia Cleansing Cream
Stelatopia Milky Bath Oil
Stelatopia Emollient Balm
Stelatopia Emollient Cream


Sebagai ibu yang konsen dengan kesehatan anak, Moms perlu banget tahu jenis kulit anak Moms supaya ketika terjadi iritasi, ruam dan  sebagainya, penanganan yang dilakukan juga tepat.

Maka dari itu, Mustela juga sudah menyediakan solusi bagi setiap permasalahan kulit yang dialami si kecil. Moms tinggal perhatikan dan pilih sesuai jenis kulit si kecil.

Keunggulan Mustela


Di dalam setiap produk Mustela Bebe mengandung bahan aktif bernama Avocado Perseose, yang punya sifat biomimetic (struktur serupa dengan kulit bayi), yang mana mempunyai 3 manfaat penting:
1.Melindungi dan menguatkan kulit bayi
2.Menjaga kelembaban kulit bayi
3.Menjaga kekayaan sel kulit bayi

Ibu nggak perlu khawatir dengan kandungan Mustela Bebe, sebab Mustela berkomitmen bahwa produknya terjamin aman bukan hanya untuk bayi baru lahir bahkan ibu hamil, sudah teruji dibawah pengawasan dokter, bahan alami 0% alkohol dan paraben, kenyamanan khas Mustela dan Mustela peduli terhadap lingkungan.

Pengalaman Mengatasi Ruam Kulit dengan Barrier Cream Mustela

Produk Mustela yang didapatkan peserta talk show

Setelah mendapat informasi tentang jenis kulit bayi ini, saya mencoba langsung menggunakan produk Mustela terutama Barrier Cream nya. Karena anak-anak mudah sekali ruam, terutama Aura. Kakak Anin juga saya oleskan sebelum dipakaikan diapers supaya nggak ruam.


Barrier cream ini teksturnya sedikit padat tapi nggak keras, jadi kaya salep kalau kita oles di kulit. Wanginya lembut banget, bahkan hampir nggak ada aroma. Setelah dioles di kulit nggak terlalu meninggalkan efek lengket dan nggak panas.

Tekstur Barrier  Cream Mustela

Cream setelah dioles ke kulit

Setelah rutin pemakaian, bersyukur ruam di bagian belakang pinggang si kecil yang tadinya merah kembali normal.

Ruam kemerahan efek pemakaipe diapers

Setelah rutin memakai Barrier Cream Mustela

Bahkan, belakangan ini saya sendiri mengalami kulit sisik, kering, dan gatal di bagian punggung. Akhirnya, saya oleskan rutin setiap pagi dan sore setelah mandi, dan hasilnya perlahan kulit kembali ke keadaan semula. Tapi, mohon maaf nggak difoto ya, hihi malu aurat.

Jika Moms mau mendapatkan produk dari Mustela untuk mengatasi masalah kulit si kecil, caranya gampang banget, bisa dibeli secara offline di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, dan Baby Shop terdekat. Bisa juga secara online yaitu Orami dan JD.ID.

Untuk mendapat informasi lebih lengkap lagi Moms bisa kunjungi website dan media sosial Mustela:
Instagram: @mustelaindonesia
Facebook: Mustela Indonesia

Sesi foto seluruh peserta bersama narasumber 


Semoga bermanfaat ya Moms sharing kali ini.

Moms punya pengalaman yang sama dengan saya dalam menghadapi masalah kulit anak? Sharing yuk.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar