5 Tempat Wisata di Lembang yang Paling Eksotis

| On
Desember 23, 2018




Pastikan Anda menyusun rencana libur akhir tahun dengan mengunjungi lima tempat wisata di Lembang ini; temukan pengalaman terbaik saat berada di sana.


Memasuki bulan Desember, hawa liburan kental sekali terasa. Selain libur panjang sekolah, ada libur natal (bagi yang merayakan), ada libur awal tahun dan bisa jadi tidak sedikit pegawai kantoran yang sudah mengambil cuti demi menikmati liburan bersama keluarga.

Nah, teman-teman sendiri sudah merencanakan liburan kemana nih? Saya pribadi, nampaknya tidak pergi kemanapun, lantaran anak kedua sedang pemulihan pasca sakit. Tapi, meski begitu saya tetap excited dan ikut happy melihat banyaknya seliweran foto liburan teman-teman dan keluarganya di media sosial. Alhamdulillah, ya.


Apalagi kalau tempat liburan yang kita pilih wilayahnya masih asri dan sejuk. Rasanya seperti bisa bernapas dengan lega dan tubuh benar-benar rileks sambil menikmati pemandangan alami sekitar.

Ingatkah teman-teman, Martinus Antonius Weselinus Brouwer pernah mengungkap rasa kagumnya terhadap bumi Pasundan? Pujian dari budayawan Belanda itu menggambarkan level keindahan di tanah Pasundan, salah satunya Lembang.

Suasana yang sejuk, dingin, dan alami membuat siapapun tertarik mendatangi. Bahkan, saya pun ingin sekali kembali ke daerah sana, merasakan sensasi udara dingin Lembang dan pemandangan yang membuat mata seperti terpana.

Itu sebabnya, banyak tempat wisata di Lembang yang memiliki lanskap tak biasa. Sehingga, saat dipandang mata, serasa enggan beranjak dari sana. Apalagi bersam keluarga tercinta, suasana liburan semakin bermakna dan menguatkan bonding antar anggota keluarga.

Seperti halnya suasana eksotis di destinasi wisata  berikut ini.


1. Gunung Tangkuban Perahu

Kental dengan legenda Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu kerap menjadi perhatian wisatawan. Letak Gunung Tangkuban Perahu di ketinggian 2.084 Mdpl. Panorama di sekitar gunung ini dipenuhi pohon pinus dan perkebunan teh.
Pemandangan Gunung Tangkuban Perahu (Sumber: Wikipedia)

Saat cuaca dingin, suhu di Gunung Tangkuban Perahu mencapai 17 derajat celcius. Kabut tebal yang menyelimuti kawah-kawahnya terlihat seperti negeri di atas awan. Sebaliknya, ketika cuaca cerah, panorama kawah tampak jelas.
Dinding kawah membentuk lekukan eksotis jika dilihat dari kejauhan. Begitu pun dasar kawahnya, menyerupai aliran air dengan warna hijau kecokelatan dan berasap. Adapun kawah aktif yang terdapat di kompleks Gunung Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Siluman, Paguyuban Badak, Badak, serta Jurian.


2. Gunung Putri Lembang

Panorama yang tidak kalah indah bisa Anda dapatkan di Gunung Putri Lembang. Konon, gunung ini memiliki sejarah dan misteri terkait legenda Sangkuriang. Namun, lepas dari hal tersebut, Gunung Putri Lembang menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan sunset dan sunrise.
Gunung Putri memiliki ketinggian 1.587 Mdpl. Dari sini, Anda bisa melihat seluruh Kota Bandung. Bahkan, kabut tipis yang mengambang di atas perbukitan, tampak jelas dari Gunung Putri Lembang.

Pemandangan kota dari atas Gunung Batu, tampak diselimuti kabut

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi benteng peninggalan zaman Belanda. Benteng tersebut dibangun sekitar tahun 1913—1917. Ketika itu, tengah terjadi perang dunia pertama. Kondisi bangunan benteng tampak rapuh, catnya memudar, serta dindingnya diselimuti tanaman lumut dan rumput kecil.


3. Wisata Grafika Cikole

Anda butuh tempat untuk menenangkan pikiran? Wisata Grafika Cikole solusinya. Tempat wisata di Lembang ini memiliki kontur alam berbukit dengan hutan pinus di sekitarnya. Karena itu, suasana di Grafika Cikole tampak hijau, asri, dan segar.
Lokasi cocok untuk camping bersama keluarga atau acara dalam jumlah orang yang banyak

Wisata Grafika Cikole menyediakan area berkemah, hotel, dan pondok wisata alam sebagai akomodasi untuk pengunjung. Di samping itu, tersedia fasilitas umum berupa pendopo, restoran, area parkir, serta toko suvenir. Ada juga wahana outbond menarik, seperti jembatan tali dua, jembatan burma, dan flying fox.


4. Gunung Batu

Dikenal sebagai gunung purbakala, Gunung Batu berasal dari letusan Gunung Sunda. Usianya kini telah mencapai lebih dari 500.000 tahun. Tinggi gunung tersebut sekitar 1.335 Mdpl dengan panorama padang rumput dan vegetasi hijau.
Bagi Anda yang menyukai tantangan, Gunung Batu cocok untuk menguji adrenalin, lho

Gunung Batu menawarkan trek menantang untuk Anda yang hobi mendaki. Anda bisa melakukan wall climbing atau sekadar berjalan menyusuri trek. Ketika malam hari, tempat ini pun menyuguhkan panorama mengagumkan.


5. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata merupakan danau tadah hujan yang memiliki panorama eksotis. Tampak hamparan rumput hijau muda dan deretan pegunungan mengelilingi Taman Lembah Dewata. Untuk menyaksikan keindahannya dari dekat, Anda bisa menggunakan fasilitas jembatan bambu yang membentang ke tengah danau.

Danau yang luas, membuat suasana semakin asri

Jika gemar berkuda, Taman Lembah Dewata mempunyai beberapa koleksi kuda lokal maupun impor dari Denmark dan Australia. Konsepnya mirip Ganesha H Equestrian yang dirancang sebagai area khusus berkuda.

***

Nah, itu di ke-lima tempat wisata Lembang yang memiliki pemandangan menawan. Meski begitu, pesona Lembang tentu tak berhenti sampai di situ ya. Anda masih bisa mengogalinya lebih dalam lagi. Salah satu caranya mudah sekali hanya tinggal meraih telpon genggam dengan mengunjungi situs Traveloka.
Semoga bermanfaat ya. Selamat berlibur bersama keluarga tersayang :)


6 komentar on "5 Tempat Wisata di Lembang yang Paling Eksotis"
  1. Banyak pilihan wisata di Bandung sih, Cikole jadi pengen ke sana

    BalasHapus
  2. lembang masih sejuk dan asri ya
    banyak tujuan wisata yg masih alami

    BalasHapus
  3. Wow warbiyasah destinasi wisata di Lembang ini, mupeng jadinya pengin ke Taman Lembah Dewata

    BalasHapus
  4. Saya penasaran sama Cikole. Tangkuban perahu kini sudah banyak perubahan juga ya. Selamat liburan ^^

    BalasHapus
  5. Beberapa kali menyambangi Lembang, tapi belum sempat pergi ke tempat-tempat di atas, kecuali Tangkuban Parahu dan Cikole. Aku penasaran sama Gunung Putri Lembang, bisa dapat view sebagus itu dari atas. :D

    BalasHapus
  6. Saya pernah ke Lembang juga Mbak, waktu liburan tahun baru juga... Qadarullah, macetnya maassyaa Allah.. gak bisa naik ke atas deh, cuma bisa mengunjungi wisata-wisata di bawahnya..

    BalasHapus