3 Alasan Mengapa Harus Berasuransi di Zaman Now

| On
Desember 18, 2018

Apa yang Anda pikir kalau mendengar kata asuransi? Coba deh dijawab masing-masing, nanti bu guru kasih nilai ya, dikumpulkan jawabannya di kertas selembar, eh :p



Duh, ini nih kalau yang nulis bu guru, apa-apa disangkutin sama nilai, gak ulangan ancamannya nilai, gak masuk ancamannya nilai, gak taat aturan ancaman lagi sama nilai. Hihih, jangan ditiru yaa, becanda ini maaah…

Back to the topic nih Gaes, bicara asuransi di zaman sekarang sudah bukan lagi hal aneh. Kalau dulu, rasanya masih asing di telinga kalau ada orang yang bicara tentang asuransi, malah kadang jadi ilfeel kalau yang ngajak bicara kita terkesan maksa supaya kita mau dengerin. Merasa gak? Saya pernah loh, caranya gak elegan lah, kalau menurut saya. Jadi, bukannya mau dengerin rasanya ku mau pergi saja dari hadapannya, Esmeralda…


Asuransi itu apa sih?


Dikutip dari laman Wikipedia, asuransi adalah pertanggungan dan perjanjian antara dua belah pihak, dimana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.



Lalu, asuransi itu legal gak sih di mata hukum? Kadang timbul keraguan dalam hati ya Gaes, kalau terjadi sesuatu yang tak diharapkan terus malah kita yang rugi, kan. Ogah dong.

Tenang, hal ini ternyata sudah ada dasar hukumnya yaitu tercatat dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 1992, “usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.”

Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) tentang asuransi atau pertanggungan seumurnya, Bab 9, Pasal 246: “Asuransi atau Pertanggungan adalah suatu perjanjian di mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.”

Dalam dunia asuransi ada 6 macam prinsip dasar yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Insurable interest
Hak untuk mengasuransikan, yang timbul dari suatu hubungan keuangan, antara tertanggung dengan yang diasuransikan dan diakui secara hukum.

2. Utmost good faith
Suatu tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap, semua fakta yang material (material fact) mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik diminta maupun tidak. Artinya adalah: si penanggung harus dengan jujur menerangkan dengan jelas segala sesuatu tentang luasnya syarat/kondisi dari asuransi dan si tertanggung juga harus memberikan keterangan yang jelas dan benar atas objek atau kepentingan yang dipertanggungkan.

3. Proximate cause
Suatu penyebab aktif, efisien yang menimbulkan rantaian kejadian yang menimbulkan suatu akibat tanpa adanya intervensi suatu yang mulai dan secara aktif dari sumber yang baru dan independen.

4. Indemnity
Suatu mekanisme dimana penanggung menyediakan kompensasi finansial dalam upayanya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang ia miliki sesaat sebelum terjadinya kerugian (KUHD pasal 252, 253 dan dipertegas dalam pasal 278).

5. Subrogation
Pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayar.

6. Contribution
Hak penanggung untuk mengajak penanggung lainnya yang sama-sama menanggung, tetapi tidak harus sama kewajibannya terhadap tertanggung untuk ikut memberikan indemnity.

***

Alamak, panjang ternyata, tapi sebagai konsumen yang nantinya akan menggunakan jasa asuransi kita perlu tahu secara detail sesungguhnya asuransi itu apa dan bagaimana.

Saya pribadi dulu juga sempat mikir “apaan sih pake-pake asuransi, mending duitnya buat yang lain aja”, tapi ternyata pikiran itu salah ya Gaes, asuransi di zaman now itu penting.

Saya dan pak suami juga perlu diskusi panjang dan serius membahas asuransi ini, kira-kira perlu atau tidak, apalagi dengan anak yang sudah 2 dan masih kecil-kecil. Kalau mereka sakit, pendidikannya nanti akan bagaimana, bahkan bagaimana kelak jika saya dan pak suami masuk usia senja atau malah kalau harus ‘pergi’ lebih dulu menghadap Illahi, bagaimanakah nantinya?

Malah, sekarang tidak hanya kesehatan, pendidikan, jiwa, bahkan jasa asuransi sudah merambah ke asuransi kendaraan dan yang terbaru adalah asuransi perjalanan alias travelling.

***

Wah, panjang memang kalau sudah bahas masa depan ya. Pastinya kita semua mau yang terbaik terlebih untuk keluarga. Kesehatannya, pendidikannya, jaminan hari tua kelak, dan lainnya.

Saya juga sempat bertanya kepada seorang teman di kantor, sebut saja Ibu NSW yang mana sudah memakai jasa asuransi sejak usia anaknya kecil, beliau bilang dalam memilih asuransi pun tidak sembarangan baginya, harus jelas, dan memakai jasa asuransi ini harus diniatkan, hitung-hitung sebagai tabungan.

Ada lagi nih, teman saya yang lain, sebut saja Bapak RH, beliau bilang pakai asuransi itu penting, kita tidak tahu gimana kedepannya, jadi jaga-jaga itu perlu.

So, saya berkesimpulan ada 3 alasan utama mengapa zaman sekarang perlu berasuransi:


1.Sebagai Cover Diri



Cover diri ini maksudnya ‘jaga-jaga’, perlindungan. Iya, kita tidak pernah tahu kondisi kita di masa depan akan bagaimana, baik kesehatan apalagi jiwa (nyawa) yang nantinya kita akan meninggalkan keluarga kita. Makanya, ada jenis asuransi yang mengcover hal ini.

Oya, kalau boleh cerita sedikit. Belum lama ini anak tetangga saya masuk rumah sakit, karena menderita luka bakar yang cukup serius sehingga harus menjalani beberapa operasi untuk mengembalikan kondisinya agar lebih baik. Untungnya, tetangga saya ini sudah ikut asuransi kesehatan, sehingga semua biaya pengobatan dan perawatan dicover oleh pihak asuransi. Dia pun merasa tertolong sehingga beban biaya selama memulihkan kondisi anaknya tersebut tidak terlalu berat.

2.Tabungan/Investasi (jangka panjang)



Asuransi juga bisa kita anggap sebagai sebuah tabungan jangka panjang. Karena, kembali ke definisi asuransi yang sudah dijelaskan, iuran/premi yang kita bayarkan suatu saat akan berguna di masa depan, entah apa yang terjadi, syukur-syukur bukan suatu yang berbahaya, namun kembali bahwa kita  perlu yang namanya ‘jaga-jaga’. So, anggap sebagai tabungan kita dan keluarga. Pasti bermanfaat.

3.Membantu orang lain (Shodaqoh)



Ada anggapan bahwa menyimpan uang dalam bentuk asuransi anggap sebagai shodaqoh. Yups, ada benarnya juga. Memang sistem pengelolaan dana dalam asuransi ya seperti halnya subsidi silang antar tertanggung atau orang sesama pembayar  premi. Artinya, iuran yang kita bayarkan itu dikelola dan digunakan dalam memenuhi hak sesama hanya saja waktu penggunaannya yang berbeda-beda. Jadi, supaya kita bisa plong dan tanpa beban kita anggap sebagai shodaqoh. Percaya dengan kekuatan niat ;)


Memilih Asuransi Gak Pakai Ribet


Teman-teman, kalau dulu kita mau memilih jasa asuransi, biasanya kita yang didatangi atau kita mencari teman yang sudah lebih dulu pakai, iya gak? Rempong kan, kalau misal teman kita sedang sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu buat kita tanya-tanyai asuransi yang dipakainya.

Sebagaimana makin majunya zaman yang apa-apa semua tinggal pijit dari layar HP sambil santai di rumah, ternyata gak hanya outfit yang bisa kita beli di toko online, asuransi juga bisa, loh.

Baru tahu kan? Sama…. Hehe

Adalah Futuready sebuah supermarket asuransi online pertama yang memegang lisensi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan nomor KEP-518/NB.1/2015 tanggal 18 Juni 2015.



Futuready adalah bagian dari AEGON, salah satu perusahaan terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda.

Yang perlu diingat, Futuready tidak membuat produk asuransi sendiri. Futuready memilih produk-produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka dan menawarkan kepada calon konsumen dengan informasi yang ringkas, jujur dan tidak memihak.

Jadi, konsumen bisa memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan keinginan sendiri dengan mengetahui informasi dari Futuready.

Brand Asuransi yang bekerja sama untuk dijual dalam situs Futuready.com


Produk asuransi yang ditawarkan yaitu: asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, dan asuransi mobil.


Manfaat Belanja Asuransi di Futuready.com


MUDAH
Mudah penjelasannya, mudah perbandingannya, dan mudah klaimnya

PRAKTIS
Prosesnya instan. Dimanapun Anda berada dan kapanpun Anda mau, semua kendali ada di tangan Anda. Karena mudah diakses melalui telepon genggam.

SESUAI
Tersedia berbagai pilihan produk asuransi. Calon konsumen bisa memilih asuransi dengan harga sesuai kebutuhan.

AMAN
Aman dan terpercaya karena terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Keunggulan Futuready.com dibandingkan dengan Kompetitor


1.Transaksi Langsung
Transaksi pembelian asuransi langsung secara online.

2.Berbagai Metode Pembayaran
Bayar dengan kartu kredit, transfer bank, atau bayar langsung di minimarket terdekat.

3.Polis Langsung Aktif
Begitu disetujui, polis asuransi dalam bentuk elektronik ini akan dikirim via email dan langsung aktif.

4.Klaim Mudah
Pengurusan klaim melalui Futuready dibantu oleh CS yang profesional melalui telepon atau online.

5.Tanpa Survey
Untuk asuransi mobil, persetujuan asuransi tanpa menunggu survey. Cukup kirim foto secara online.



***

Gak menyangka, sekarang semua bisa dilakukan secara online bahkan untuk urusan asuransi. Jadi, buat emak-emak yang rempong sama urusan domestik bisa banget pilih asuransi sesuai kebutuhan dan budget langsung dari rumah.  Yang pasti, diskusikan dengan pasangan di rumah.

Semoga tulisan ini membantu ya, buat Anda yang sedang mencari pilihan asuransi dan gak mau ribet pastinya.

Adakah yang punya alasan lain selain 3 alasan yang sudah saya ulas? Boleh yuk, sharing di komentar :)

***


Sumber:
-Pixabay
-Wikipedia
-Futuready.com


13 komentar on "3 Alasan Mengapa Harus Berasuransi di Zaman Now"
  1. Masalahnya masih banyak dari kita yang belum tau tentang asuransi secara benar dan detail. Jadi taunya cuma narok uang dan dapat perlindungan,tapi kadang gak tau cara mengurus klaim, hak2 dan benefit dari asuransi selain perlindungan. Mungkin perusahaan perlu edukasi pada masyarakat lebih jauh tentang asuransi ini seperti yang ditulis di atas ya mbak

    BalasHapus
  2. Wah, Futuready ini asuransi secara online ya? Semua ada dalam genggaman dong ya. Praktis ini ga perlu survey2an segala, klaimnya juga mudah. Boleh nih aku baca2 lagi ya siapa tau nanti mau juga.

    BalasHapus
  3. Iya ya asuransi akan lebih cepat di dapat ahli waris kalau ada apa2 dengan kita misalnya. Karena liquid ya kalau kayak rumah mesti jual dulu ya

    BalasHapus
  4. saya suka kemudahan untuk membeli sesuatu, maka nya klo mo beli asuransi lebih suka yang praktis dan bisa dibeli online

    BalasHapus
  5. Terimakasih mbak, info tentang futuready ini bermanfaat bagiku, setidaknya jadi ngerti dan bisa siap-siap untuk jaga-jaga, lumayan jika terbantu dengan asuransi

    BalasHapus
  6. Sudah tidak ada lagi alasan yang memberatkan ya mba, asuransi sudah menjadi bagian dari kehidupan, karena kita tidak tahu resiko yang akan terjadi dikemudian hari.. mencegah dengan mempersiapkan kemungkinan resiko menjadi lebih baik daripada tidak

    BalasHapus
  7. Semakin banyak yah asuranai online yang mudah di akses, dan banyak masyarakat memang terbantu apalagi pilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  8. Setuju banget nih. Zaman now kita kudu punya asuransi, apapun bentuknya. Biar ada proteksi diri dan makin tenang dalam beraktivitas yaaa

    BalasHapus
  9. Asuransi emang penting ya mbak untuk proteksi. Aku juga punya asuransi pendidikan untuk anak-anak biar nanti memudahkan ketika masuk sekolah. Kebayang sih dulu pas mau ikutan asuransi ribet banget karena harus janjian sama agennya lah, ngisi formulir segambreng, dll. Sekarang mah enak ya semua serba online jadi yang sibuk kaya aku gini bisa terbantu.

    BalasHapus
  10. Memang ya kita kudu punya asuransi ya, biar tenang menjalani aktivitasnya... thanks for sharing.

    BalasHapus
  11. Transaksi Perbankan dan Finansial lainnya sekarang semakin mudah ya, cukup dengan satu jari dan bisa dimana aja karena dilakukan dengan Online, termasuk Asuransi sebagai Proteksi diri dan Keluarga :)

    BalasHapus
  12. Wah aku baru tau nih Futuready..keren juga ya jadi kaya belanja baju online aja skrg beli asuransi juga udah tinggal klik..tanpa harus pusing ngatur schedule ketemua agen dll

    BalasHapus
  13. Semakin dipermudh ya mbak dalam mengurus asuransi. Tinggal klik aja udah beres tanpa harus keluar rumah dan berlama2 antrian

    BalasHapus