Jumat, 15 Desember 2017

Serunya Milad Blogger Muslimah, "Alhamdulillah 3 Tahun!"

Assalamu'alaikum. Hallooo, Muslimah di mana pun beradaaa.

Senang sekali tanggal 10 Desember 2017 kemarin saya menjadi bagian dari peserta Milad Blogger Muslimah Indonesia yang Ke-3 tahun. Tapi, ini menjadi tahun pertama saya bergabung dalam perhelatan milad Blogger Muslimah loh. Tapi, ini event kedua yang saya ikuti setelah menjadi anggota Blogger Muslimah. Event sebelumnya yang sempat saya ikuti yaitu acara Meet Up Blogger Muslimah pada bulan Agustus lalu dan itu pun gak kalah serunya.






Tiba hari H, pagi-pagi saya dan Kakak Dhifah berangkat ke Stasiun Citayam diantar oleh Abi. Jujur aja, ini pertama kalinya saya bawa anak ke event. Kalau boleh tcurhat sih, ini terpaksa. Huhuhu, karena gak ada yang jaga Kakak, kalau dibawa sebenarnya kepikiran Kakak bakal rewel karena durasi acara lumayan panjang dari jam 10.00 pagi sampai jam 15.00 sore. Fyuuuh! Bismillah, akhirnya saya ajak.

Tiba di lokasi 30 menit lebih cepat yaitu di Permata Kuningan Building kawasan Kuningan, Jakarta Selatan tepatnya Kantor Proxsis Consulting Group Lantai 17 yang menjadi tempat Milad Blogger Muslimah ini, lumayan banget saya bisa istirahat karena badan lumayan pegel.


((((PEGEL))))


Pegel karena sepanjang perjalanan, Kakak Dhifah itu saya gendong. Sebab, anak pertama saya ini belum bisa berjalan di usianya yang ke-3 tahun. Mau pakai gendongan depan ala-ala kanguru kok kayanya ribet kebayang bakal lepas pakai. Jadi, saya putuskan gendong sajalah.


Proxsis adalah sebuah Company Group yang berfokus pada penyediaan jasa konsultasi dan tata kelola teknologi informasi. Kantor Proxsis Consulting Grup yang menjadi lokasi acara ini asli nyaman banget loh, kalau kata anak zaman now itu kekinian dan instagramable. Terlihat di foto, ada sisi tembok yang semakin kece ketika dihias dengan atribut Milad blogger Muslimah yang dipadu dengan sentuhan warna pink dan ungu. Manisnya!

Mumpung belum ramai dan sambil menunggu acara di mulai, saya gak sungkan foto-foto di dalam lokasi. Lumayan, buat laporan sekaligus melemaskan badan dan jemari tangan dan kaki. 









Bagus ya, saya paling suka tembok yang bata-bata terus ada rak bukunya juga. Suka aja lihatnya, klasik dan adem pas dilihat. Kalau Kamu mau tahu lebih lanjut tentang Proxis, Kamu bisa datang langsung ke kawasan Kuningan tepatnya di Permata Kuningan Building Lt.17, atau Kamu bisa follow akun sosial medianya di akun instagram @proxsisconsulting dan Fan Page Facebook "Proxsis Consulting Group".

Selain Proxsis Consulting Group yang menjadi sponsor utama dalam kegiatan Milad Blogger Muslimah Ke-3 Tahun, ada juga kuliner Ayam Bahagia. Apa itu Ayam Bahagia? Ayam Bahagia itu Restoran Indonesia yang mempunyai tagline "Jagonya Kuliner Ayam Nusantara", menyediakan masakan yang pas cocok di lidah kita. Pas makan siang, saya dapat ayam goreng sambal cabe ijo ditambah sayur asam, tahu, tempe, dan kerupuk dan lalapan. Lidah saya emang udah cocok banget sama makanan tersebut, jadi pas makan itu nikmat banget rasanya.


Ayam Bahagia ini bisa kamu kunjungi langsung ke outlet restonya di daerah Kelapa Gading, Jl. Kelapa Kopyor Raya Blok O1 No. 12A Kelapa Gading, Jakarta 13470. Kamu juga bisa Follow akun instagramnya @ayambahagia dan akun Fans Page Facebook dengan nama "Ayam Bahagia". Lalu, rasakan nikmatnya menyantap ayam goreng dengan cita rasa nusantara.


Ayam goreng sambel cabe ijo, salah satu menu Ayam Bahagia.

Lalu, sponsor utama lainnya adalah Supertwin Shop dan Sheba.

Apa itu Supertwin Shop dan Sheba?

Supertwin Shop adalah toko online yang menjual berbagai produk diantaranya, jaket, jas hujan, aneka hijab, buku, dan tas. Produk-produk yang dijual merupakan produk buatan dalam negeri yang terjamin kualitas produk, layanan, juga harga yang sesuai dengan kualitas.



Supertwin Shop ini merupakan kepunyaan salah satu anggota Blogger Muslimah yang juga seorang statistisi dan penulis dengan nama pena yaitu Mba Aisya Avicenna. Biar lebih tahu dan jelas lagi, Kamu bisa follow akun sosial media Supertwin Shop di bawah ini: 
- Instagram: @supertwinshop
- Fans Page FB: SupertwinShop
- Youtube: Supertwin Shop

Sheba adalah pioner jas hujan muslimah cantik. Produk-produknya Limited Edition. Warna dan model jas hujan Sheba dibuat secara khusus sehingga tidak pasaran. Jas Hujan Sheba dibuat dari  bahan taslan  yang tidak tembus air dan sudah disealing sehingga pemakai akan mendapatkan perlindungan penuh kesungguhan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari saat hujan. Selengkapnya, Kamu bisa kunjungi akun instagram @sheba_id dan Fans Page Facebook "Jas Hujan Muslimah Sheba".



Selain keempat sponsor utama yang sudah saya sebutkan tadi, ada juga loh sponsor tambahannya.

Banyak banget sponsornya?

IYA. KEREN!

Nah, sponsor tambahan saat acara Milad Blogger Muslimah kemarin bikin tampilan kami tambah manis loh. Pasalnya, Evaldinart yang merupakan toko online yang menjual berbagai aksesoris hijab dan Hana Mozlima toko online yang menjual dalaman hijab rajut ini ikut ambil bagian meramaikan acara Milad Blogger Muslimah. Nah, coba lihat saya pakai bros cantik model yang satu ini dari Evaldin Art.

Manis kan.. kan... 

Next, kalau kamu penasaran sama hasil karya dari kedua sponsor tadi, kamu bisa langsung cuss ke akun instagramnya di @evaldin_art dan @hana.mozlima.


Masih ada lagi loh!


HAH???


One more, saya kasih tahu lagi nih, yang juga turut andil menjadi bagian keseruan Milad Blogger Muslimah yang Ke-3, yaitu Busana Muslimah berupa gamis dari Seply. Seply yang merupakan bagian dari Brand Fashion Eticha Group Lihat, kami para peserta kompak memakai gamis dengan model yang sama, bukan?! Gamisnya nyaman dan lembut banget. Sebagaimana tagline Seply "lembutnya sampai ke hati...". 

 
Blogger Depok City, seneng banget bajunya samaan.

Gimana, manis kan kami-kami ini :)

Satu per satu peserta milad pun berdatangan dan pukul sepuluh tepat acara Milad Blogger Muslimah Ke-3 Tahun pun dimulai yang dipandu oleh MC, Teh Liswanti. Teh Lis, sapaan akrab teman-teman blogger, pertama kali tentu saja menyapa kami para peserta yang telah hadir di dalam ruangan dan gak ketinggalan Teh Lis membuat sebuah tagline milad yang membuat acaa semakin meriah. Ketika MC mengucapkan kata “Blogger Muslimah” maka seluruh peserta wajib menjawabnya dengan ucapan “Alhamdulillah, tiga tahun!”. Wah, ini ramai sekali loh, seru pas dilakukan bareng-bareng. Hehehe

Rangkaian acara Milad Blogger Muslimah pun diawali dengan kata sambutan yang disampaikan pertama kali oleh Founder Blogger Muslimah, yaitu Uni Novia Syahidah. Uni, sapaan akrab saya dan teman-teman, kembali menjelaskan profil serta maksud dan tujuan acara milad yang dilaksanakan. Tak lain tentu saja agar para anggota semakin mengenal Blogger Muslimah, karena saya perhatikan peserta kali ini cukup banyak berbeda orang dari peserta Meet Up lalu.

Uni Novia Syahidah (Fouder Blogger Muslimah) sedang memberikan kata sambutan.

Dilanjut sambutan yang kedua yaitu oleh Mas Aditya Aqila. Beliau adalah Bussines Development Proxsis Consulting Group, yang menjadi tempat acara milad berlangsung.

Mas Aditya Aqila selaku tuan rumah (Proxsis) memberikan kata sambutan.

  
Sesi Materi Dua Narasumber

Keseruan Milad Blogger Muslimah ini gak hanya sebatas bertabur hadiah dengan dukungan dari berbagai pihak sponsor. Tapi, keseruan milad ditambah lagi dengan adanya sesi materi dari dua orang narasumber yang kompeten di bidangnya. Mau tahu materinya apa aja? Simak ulasan berikut ya.

Materi pertama tentang “Kepribadian Muslimah” yang disampaikan oleh Mba Ratih Sophie Azizah. Kami menyapanya dengan panggilan Mba Ratih. Muslimah dengan postur badan tinggi semampai ini menyampaikan materi dengan jelas sekali, mengena dan praktis. Pasalnya, Mba Ratih menyampaikan materi tentang bagaimana seorang mengenal kepibadiannya, orang lain, dan tentu saja sebagai seorang muslimah.

Mba Ratih, pengisi materi sekaligus anggota Blogger Muslimah.

Cara mengenal kepribadian itu bagaimana?

Ada sebuah instrumen tes untuk mengenal kepribadian seseorang termasuk tipe apa yaitu dengan Metode DISC.

Apa itu DISC?



Tipe Dominance
Orang yang memiliki kepribadian “dominance” ini ciri umumnya adalah cepat dalam memutuskan, tegas, ada ego yang tinggi, dapat diandalkan, berani mengambil risiko, inisiatif yang tinggi. Tipe kepribadian ini memiliki kekuatan dalam kelompok yaitu bottom-line organizer, menghargai waktu, menentang status quo, inovatif. Namun juga memiliki kelemahan karakter, seperti suka melanggar kewenangan, sikap argumentatif, menolak rutinitas, sok berkuasa, selalu ingin memimpin. Ketakutan yang dimilikinya adalah dimanfaatkan orang lain dan berbeda pendapat dengan orang lain. Jenis pekerjaan yang cocok bagi orang dengan tipe kepribadian ini diantaranya direktur, pimpinan, manager, owner perusahaan, dan dokter.

Tipe Influence
Orang yang memiliki kepribadian “influence” ini ciri umumnya adalah antusias, bersemangat tinggi, percaya diri, optimistis, persuasive, aktif bicara, impulsive, emosional. Tipe kepribadian ini memiliki kekuatan dalam kelompok yaitu mempunyai ide kreatif, penyemangat, memotivasi orang lain, selera humor yang positif, menengahi konflik, dan pembawa damai. Namun juga memiliki kelemahan karakter, seperti suka mencari popularitas daripada hasil kerja nyata, kurang detail, terlalu menggunakan bahasa tubuh, dan mendengar hanya bagian kesukaannya. Ketakutan yang dimilikinya adalah penolakan dari apa yang dilakukan dan tidak diterima. Jenis pekerjaan yang cocok bagi orang dengan tipe kepribadian ini diantaranya presenter, penyiar, sales, pengacara, tour leader dan selebriti.

Tipe Steadiness
Orang yang memiliki kepribadian “steadiness” ini ciri umumnya adalah bisa jadi pendengar yang baik, team player, possessive, stabil, dapat diprediksi, memahami oang lain dan bersahabat. Tipe kepribadian ini memiliki kekuatan dalam kelompok yaitu dapat dipercaya dan diandalkan, anggota tim yang loyal, taat akan otoritas, pendengar yang baik, sabar dan berempati, mendamaikan konflik. Namun, tipe ini juga memiliki kelemahan karakter, menolak perubahan, butuh waktu lama untuk berubah, menyimpan dendam, sensitif pada kritik, sulit menentukan prioritas. Ketakutan yang dimilikinya adalah kehilangan rasa aman dan menjadi tidak nyaman. Jenis pekerjaan yang cocok bagi orang dengan tipe kepribadian ini diantaranya staf administrasi, customer service, konselor, konsultan.

Tipe Compliance
Orang yang memiliki kepribadian “compliance” ini ciri umumnya adalah akurat, analitis, cermat, hati-hati, fact finder, presisi tinggi, standar kerja tingg, sistematis. Tipe kepribadian ini memiliki kekuatan dalam kelompok yaitu perspektifnya: sumber dan realitas, rajin dan hati-hati, tuntas dalam kegiatan, menggambarkan situasi, mengumpulkan, mengkritisi dan menguji informasi. Namun, tipe ini juga memiliki kelemahan karakter, seperti membutuhkan batasan yang jelas, terikat pada prosedur dan metoda, sangat detail, tidak mengungkapkan perasaan, cenderung menerima argumentasi. Ketakutan yang dimilikinya adalah kritikan dan penilaian orang lain. Jenis pekerjaan yang cocok bagi orang dengan tipe kepribadian ini diantaranya bagian keuangan, komputer, hakim, notaris.

Setelah Mba Ratih menjelaskan keempat tipe kepribadian tersebut, kami peserta milad diinstruksikan melakukan tes dengan diberikan lembaran yang berisikan pernyataan-pernyataan yang harus dipilih sesuai dengan diri kita sendiri atau istilahnya “pernyataan yang gue banget”. Kemudian, setelah saya tes, ternyata hasilnya adalah Dominance (5), Influence (3), Steadiness (1), dan Compliance (14). Hasil meyatakan bahwa saya lebih dominan di tipe pertama (D-ominance)

Sudah saya duga sebelumnya, saya memang orang dengan tipe kepribadian seperti yang ada pada tipe dominance. Sebelum mengetahui tipe DISC ini, saya mengenal kepribadian sendiri dengan tipe “flegmatis melankolis” yang intinya ya gak jauh berbeda dengan tipe dominance itu tadi.

Nah, dari keempat tipe kepribadian itu, kira-kira mana tipe yang paling cocok dengan diri Kamu? Silakan dicoba, ya! Kalau mau tahu pernyataannya apa aja, colek-colek saya aja atau japri. Hehehe 
*sok penting*


Lalu, apa manfaatnya mengenali kepribadian diri sendiri?


1. Understanding. Hal ini membuat kita mengerti mengapa orang lain melakukan sesuatu yang terkadang kita cuma bisa komentar, “Kok dia kaya gitu?”, “Ih, aneh banget sih ngelakuin kaya gitu!”, dll. Jadi, ya sebaiknya kita gak perlu aneh atau bingung kalau ada orang lain melakukan hal yang kita anggap gak biasa. Toh, bisa jadi dengan tipe kepribadian yang ada di diri kita, kita pun bisa saja dianggap aneh oleh oang lain, ya kan.

2. Recognizing. Memahami, yaitu untuk memahami orang lain dan memperkirakan apa yang disuka/tidak bagi orang di sekitar, misalnya saja teman-teman di lingkungan tempat tnggal atau tempat kerja.

3. Adapting. Dengan mengetahui kepribadian diri sendiri/orang lain kita bisa menyesuaikan diri dengan orang lain yang berbeda karakter.

4. Appreciating The Difference. Dengan mengetahui dan memahami perbedaan karakter tersebut, kita menjadi lebih memahami kelebihan dan kekurangan baik pada diri sendiri maupun orang lain. 

Selain keempat manfaat diatas, mengetahui kepribadian diri sendiri sangat penting dan berguna untuk kita dalam menempatkan diri bergaul di tengah masyarakat. Namun, tentu saja tidak boleh kita lupa bahwa sebagai muslimah, Islam telah memberi garis aturan bagaimana bergaul di dalam lingkungan. Sebab, semua yang cocok untuk perempuan belum tentu cocok dengan diri kita sebagai muslimah, karena hal itu ada 3 hal yang perlu kita perhatikan:
  • Jangan latah/ikut-ikutan. Maksud di sini adalah ikut-ikutan trend yang lagi kekinian. Trend ini bisa saja tidak cocok dengan kepribdian kita sebagai muslimah.
  • Penting memilah-milah dalam hal pertemanan, organisasi/komunitas yang kita ikuti. Karena, lingkungan ini baik teman maupun apa yang ada di dalamnya akan mempengaruhi kepribadian kita. Tapi, bukan berarti kita mengkotak-kotakan teman, prinsipnya adalah “berbaur namun jangan melebur”.
  • Menjaga pikiran, lisan, dan perbuatan. Misalnya saja di zaman sekarang ini kita tetap harus berhati-hati bahkan dengan jari kita sendiri, salah-salah posting di media sosial bisa berujung pada hal-hal buruk yang kita gak inginkan.


Gimana nih, Muslimah sudah kenal dengan diri sendiri belum? Semoga sudah ya, supaya gak salah gaul dan jadi pribadi yang menyenangkan buat semua orang.

Sampai di sesi ini, acara belum selesai loh. Lanjut istirahat zuhur acara kami lanjutkan dengan sholat dan makan siang. Makan siangnya udah pasti dengan menu dari Ayam Bahagia. Kakak Dhifah juga suka, secara anak saya ini suka banget sama ayam goreng. Jadi tenang deh pas makan siang karena saya gak perlu repot-repot bebawaan makan karena gak sempet masak pagi-pagi.

Materi kedua tentang “Meningkatkan Traffic Blog dan Website dengan SEO Management”. Materi kedua ini dipandu langsung oleh Coach Rian (Riandi Rahmat), seorang SEO Specialist dari digitalfinger.id. Digital Finger sendiri merupakan bagian dari Proxsis Consulting Group.

Coach Rian sedang memaparkan materi.


Apa itu SEO?

SEO alias Search Engine Optimization.

“Melakukan proses berupa aktivitas tertentu terhadap situs web, sehingga situs web ditampilkan di halaman 1 daftar pencarian google”.



Lalu, apa bedanya SEO dengan SEM?

INGAT!

Hasil pencarian SEO = hasil pencarian alami = hasil pencarian tak berbayar = hasil pencarian non-iklan = hasil pencarian organik.

Hasil pencarian SEM = hasil pencarian tidak alami = hasil pencarian berbayar = hasil pencarian iklan = hasil pencarian non-organik.



Lalu, gimana caranya supaya artikel kita bisa masuk halaman pertama Mbah Google. Simak ya, begini caranya:

  • Tahap 1. Persiapkan website/blog yang akan dioptimasi, baik itu menggunakan blogspot, wordpress, dll.
  • Tahap 2. Riset kata kunci. Nah, ini jangn sampai Kamu mengoptimasi tapi tidak ada pencarinya. Tool terkenal yang telah disediakan oleh Google adalah google keyword planner.









  • Tahap 3. SEO On Page, adalah proses yang dilakukan hanya di bagian internal situs web saja. SEO on Page terdiri dari tittle tags/meta tags, heading (h1) (h2) (h3) dst., struktur URL, alt text gambar, kecepatan loading page, konten situs web, internal link. Inti dari SEO On Page sangat sederhana, Kamu akan mengoptmasi website supaya:
  1. Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
  2. Memudahkan penunjung dalam melakukan eksplorasi
  3. Pengunjung merasa betah di dalamnya
  4. Mesin pencari mengerti sturktur website milik Kamu




  • Tahap 4. SEO Off Page, proses SEO yang satu ini dilakukan benar-benar di luar bagian situs web atau eksternal. Seperti meletakkan link situs web kita di situs web lain atau istilahnya backlink. Ada beberapa media yang bisa digunakan untuk melakukan SEO Off Page, yaitu: akun sosial media, situs social bookmarking, link building, blog dan forum posting, dan video.

Pertanyaannya:

Mana yang lebih penting, SEO On Page atau SEO Off Page?

Jawabannya adalah keduanya sama-sama harus dijalankan dengan seimbang.


Nah, gimana, artikel yang Kamu buat sudah mengandung SEO belum nih? Kalau belum, hayuk sama-sama belajar, soalnya saya juga belum maksimal kalau urusan SEO SEO-an. Jadi, artikel belum nangkring di halaman pertama Si Mbah Google.

Materi kedua pun selesai, walau kepala rasanya agak tuing-tuing karena bahasannya beraaaattt. Hahaha. Acara selesai pukul 15.00 sore, Alhamdulillah tepat waktu sesuai yang direncanakan, jadi saya optimis pulang gak sampai malam. Sebelum ditutup, pantia mengumumkan pemenang doorprize. Senangnya, saya kebagian juga, pas banget nama dikertas kecil yang diambil isinya nama saya. Alhamdulillah. Doorprize acara Milad Blogger Muslimah Ke-3 Tahun banyak loh, coba lihat di foto ini. Berkah banget ya.

Alhamdulillah, dapet doorprize. 

Rangkaian acara milad selesai dan berakhir dengan meriah. Uni Novia juga sekaligus menyerahkan cinderamata kepada Mas Adit dan Coach Rian.

Penyerahan cinderamata dari Blogger Muslimah kepada Mas Adit dari Proxsis Consulting Group.
Penyerahan cinderamata dari Blogger Muslimah kepada Coach Rian dari dari Digital Finger.


Alhamdulillah, selesai. Sekali lagi Selamat Milad yang ke-3 tahun buat Blogger Muslimah Indonesia.


Sampai jumpa di Milad tahun depan…. :)

26 komentar:

  1. Wah, serunya. Depok ada barengannya.

    BalasHapus
  2. Hebat Kakak Dhifah , anteng saja ikutan Umminya cari ilmu dan silaturahim dengan banyak teman baru..
    Semoga makin sukses Mbak Amelia:)

    BalasHapus
  3. Asik amel dapet doorprize. Untung anin anteng ya diajaknya. Pinter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, anteng.. jadi gak riweuh deh emaknya :D

      Hapus
  4. Wah aku kayaknya kemarin ada miss antara SEO on dan off page. Nnati kubaca2 lagi materinya ah TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya pas materi dari pdf-nya gak bisa kudownload, jadi cuma mengandalkan hasil foto haha

      Hapus
  5. Ish itu anaknya mba? lucuk banget gagal fokus saya sama anaknya hihi acaranya juga keceh ya.. pembicara ahli dan lokasinya juga strategis, yeay dapet ilmu ngeblognlaho nih.. sukaaa

    BalasHapus
  6. Berguna banget deh tahu tentang SEO buat blogger. Biar tetap axa di halaman pertama di wall mbah google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, tapi emang harus pake usaha lebih ya supaya kedetek jadi laman pertama, syarat ini itunya banyak :D

      Hapus
  7. 3 tahun lagi lucu-lucunya ya hahaha happy milad blogger muslimah. Banyak manfaat ya acara ultahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Gita, alhamdulillah materinya bagus

      Hapus
  8. Acara yang keren ya. Banyak banget ilmunya.

    BalasHapus
  9. jadi merenung aku kepribadian yang mana yak? Seru yah acaranya mba, bawa si kecil biarpun capek gendong tetep happy yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, gak sia sia dapet doorprize juga hehe

      Hapus
  10. Seru yaaa.. Aku naksir gamisnya :D Sponsornya banyak, hadiahnya banyak, ilmunya banyak. Kereeen.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubu Dita, yuk seragaman, seru nih kalau BDC samaan :D

      Hapus
  11. Ameeel lengkap banget ulasannya. Pengen ikut deh yg SEO. Sayang waktunya bentrok.. huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Ade, yg SEO lengkap banget diulas sama Coach nya.. Agak bingung sih belum ngerti cara2nya banget deh akunya

      Hapus
  12. Manfaat sekali ini tapi enak langsung datang tah. Senangnya bisa tahu seo sem

    BalasHapus